Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PUPR Programkan Penataan Bunaken dan Pantai Paal

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memprogramkan penataan kawasan Pulau Bunaken, Kota Manado dan Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara untuk tahun anggaran 2020.
Yudi Supriyanto
Yudi Supriyanto - Bisnis.com 02 November 2019  |  22:40 WIB
Lansekap salah satu penginapan murah di Bunaken - Bisnis/Lukas Hendra T.M.
Lansekap salah satu penginapan murah di Bunaken - Bisnis/Lukas Hendra T.M.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memprogramkan penataan kawasan Pulau Bunaken, Kota Manado dan Pantai Paal, Kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara untuk tahun anggaran 2020.

Penataan kedua kawasan yang termasuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Prioritas Manado-Likupang 2020 tersebut guna meningkatkan kunjungan wisatawan asing, domestik, dan menciptakan pariwisata bahari yang kental dengan budaya lokal dan representatif bagi wisatawan berkelas dunia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan infrastruktur untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional telah direncanakan secara terpadu.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur yang disusun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah [BPIW], yang dilanjutkan dengan perencanaan teknis penataan kawasan oleh Ditjen Cipta Karya," katanya dalam keterangan resminya, Sabtu (2/11/2019)

Dia mencontohkan penataan yang dilakukan di Pulau Bunaken seperti merenovasi tourism trail dan membangun kawasan dermaga wisata.

Saat ini, paparnya penataan Pulau Bunaken dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED), dan dianggarkan sebesar Rp 52,7 miliar dari APBN TA 2020.

Dia menambahkan penataan dan penambahan beberapa fasilitas baru di Pulau Bunaken akan meningkatkan kapasitas tampung pengunjung di area dermaga sebanyak 2.000 pengunjung, jalur pendestrian sebanyak 15.000 orang/hari, dan fasilitas tourism trail menampung 1.000 pengunjung.

Terkait dengan penataan Pantai Paal, dia menuturkan pihaknya melakukan beberapa pengerjaan seperti entrance dan landmark, area parkir, penataan pedagang kaki lima, pembangunan fasilitas umum dan tempat ibadah, jalan akses, sanitasi dan air bersih, menara pengawas, dan sebagainya.

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp88,2 miliar pada tahun anggaran 2020 untuk pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya di Pantai Paal.

Dukungan infrastruktur ini, salah satunya, akan meningkatkan kenyamanan dan kapasitas pengunjung hingga 5.000 orang/hari selain memperindah Pantai Paal sebagai salah satu destinasi wisata bahari di Sulawesi Utara.

Selain di Pantai Paal, Kementerian PUPR juga membangun beberapa infrastruktur untuk mendukung pariwisata KSPN Likupang.

Beberapa pekerjaan merupakan lanjutan dari 2019, seperti pelebaran jalan agar sesuai standar pada ruas Jalan Girian (Bitung)-Likupang (tahap 2) sepanjang 5 Km dari total keseluruhan 38.4 km. pihaknya telah mengerjakannya sepanjang 7,9 Km pada tahap 1.

Sebelumnya, preservasi Jalan Girian (Bitung)-Likupang telah dikerjakan sepanjang 37 Km serta penggantian Jembatan Marinsow dengan panjang 13 meter dan lebar 7 meter.

Secara keseluruhan anggaran penataan Likupang sebesar pada tahun anggaran 2020 sebesar Rp499,8 miliar atau meningkat dua kali lipat dari tahun anggaran 2019 sebesar Rp250,35 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

manado bunaken
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top