Suryo Utomo Resmi Dilantik Jadi Dirjen Pajak

Pelantikan Suryo dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Keuangan, Jumat (1/11/2019).
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 November 2019  |  09:32 WIB
Suryo Utomo Resmi Dilantik Jadi Dirjen Pajak
Suryo Utomo saat diambil sumpah saat pelantikan sebagai Dirjen Pajak menggantikan Robert Pakpahan yang memasuki masa pensiun di Jakarta, Jumat (1/11 - 2019). Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo resmi dilantik sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak menggantikan Robert Pakpahan.

Pelantikan Suryo dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kementerian Keuangan, Jumat (1/11/2019).

Sebelumnya, calon pengganti Robert Pakpahan sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak telah mengerucut ke nama Suryo Utomo yang saat ini menjabat Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak.

Informasi yang dihimpun Bisnis.com menyebutkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang penunjukkan Dirjen Pajak baru telah ditandantangani presiden. Bahkan, pemerintah juga sudah merencanakan untuk melantik Dirjen Pajak baru pada pekan ini.

Dalam catatan Bisnis.com, nama Suryo setiap kali terjadi pergantian tampuk kekuasaan di Ditjen Pajak, nama Suryo selalu masuk dalam bursa pemilihan kursi Dirjen Pajak. Tahun 2014 lalu misalnya, Suryo bersama sejumlah pejabat di lingkungan otoritas fiskal ikut dalam seleksi Dirjen Pajak yang waktu itu dilakukan dengan skema lelang.

Namun setelah proses berlangsung, namanya gugur dalam seleksi yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) Dirjen Pajak. Dirjen Pajak yang dipilih adalah Sigit Priadi Pramudito, yang sebelum terpilih menjabat Kepala Kantor Wilayah Ditjen Pajak Besar.

Nama Suryo kembali muncul pada tahun 2017 lalu, ketika Ditjen Pajak terdahulu Ken Dwijugiasteadi memasuki masa pensiun. Bahkan hingga menjelang pengumuman Dirjen Pajak nama Suryo Utomo disebut sebagai calon kuat sebagai Dirjen Pajak.

Namun belakangan, menjelang hari diumumkan, namanya justru terpental dan digantikan oleh Robert Pakpahan. Kepastian penunjukkan Robert waktu itu diungkapkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi yang mengungkapkan bahwa Robert telah ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo atas usulan Menkeu Sri Mulyani.

Begitupula tahun ini, ketika Robert Pakpahan memasuki masa pensiun, nama Suryo kembali muncul di transisi periode ke 2 pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Sumber-sumber yang coba dikonfirmasi di lingkungan Kementerian Keuangan maupun eksternal bahkan khusus untuk kali ini menyebut, indikasi terpilihnya Suryo sebagai Dirjen Pajak semakin menguat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dirjen pajak

Editor : Achmad Aris
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top