Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Wamen LHK Alue Dohong : Baru Kali Ini Orang Dayak di Kabinet

Alue Dohong baru saja ditunjuk oleh Jokowi menjadi Wakil Menteri LHK di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 25 Oktober 2019  |  14:50 WIB
Alue Dohong (kiri). - Antara
Alue Dohong (kiri). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang baru Alue Dohong menyatakan baru kali ini orang dari Suku Dayak ditawari posisi di dalam kabinet.

Seperti diketahui, Alue baru saja ditunjuk oleh Jokowi menjadi Wakil Menteri LHK di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Alue menyatakan dirinya merupakan orang Dayak. "Jadi, sepanjang sejarah Indonesia merdeka, baru sekali ini orang Dayak ditawarin dalam posisi kabinet," kata Alue seusai bertemu Jokowi.

Menurutnya, penunjukan dirinya sebagai Wakil Menteri LHK merupakan kebahagiaan bagi suku Dayak di Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.

Ketika bertemu Jokowi, Alue banyak berdikusi mengenai masalah kehutanan, rehabilitasi lahan, rencana ibu kota baru.

Di samping itu, dia akan mengurus berbagai tantangan yang dihadapi oleh Kementerian LHK antara lain kebakaran hutan dan lahan. Alue akan bekerjasama dengan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Berdasarkan situs resmi Badan Restorasi Gambut, Alue sebelumnya menjabat sebagai Deputi II Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut.

Alue adalah tenaga pengajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Universitas Palangkaraya.

Sebagai seorang akademisi, Alue banyak menulis mengenai pengelolaan lahan gambut. Disertasi doktoral yang diselesaikannya pada 2015 di Universitas Queensland Australia mengupas lebih dalam soal upaya menyukseskan restorasi lahan gambut terdegradasi di Kalimantan Tengah.

Alue juga telah mengantongi gelar Master di bidang lingkungan hidup dari Universitas Nottingham, Inggris, dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Palangkaraya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dayak kementerian lingkungan hidup dan kehutanan Kabinet Jokowi-Ma'ruf kabinet indonesia maju
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top