Pariwisata Dongkrak Lalu Lintas Harian Jalan Tol Pemalang–Batang

Keberadaan objek wisata di Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan sekitarnya menjadi salah satu kontributor lalu lintas di jalan tol Pemalang Batang Toll Road.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  14:07 WIB
Pariwisata Dongkrak Lalu Lintas Harian Jalan Tol Pemalang–Batang
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Pejagan-Pemalang (Seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Sewaka) dan Jalan Tol Pemalang-Batang (Segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang), Jumat (9/11/2018). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA–PT Pemalang Batang Toll Road melansir lalu lintas harian di jalan tol Pemalang–Batang telah mencapai 22.000 kendaraan, melampaui ekspektasi di kisaran 18.000 kendaraan.

Keberadaan objek wisata di Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, dan sekitarnya menjadi salah satu kontributor lalu lintas di jalan tol Pemalang Batang Toll Road (PBTR).

Direktur Utama PBTR Supriyono mengatakan, pada hari kerja lalu lintas harian (LLH) mencapai 18.000 kendaraan. Namun, jumlah tersebut meningkat hingga 30.000 kendaraan saat hari libur. Walhasil, secara rata-rata, lalu lintas harian mencapai 22.800 kendaraan.

"Angka ini di atas prediksi kami di 18.000 [kendaraan]. Kendaraan golongan I masih mendominasi, 85 persen. Golongan II ke atas itu 15 persen," jelasnya di Jakarta, Rabu (22/10/2019).

Menurut  Supriyono, salah satu objek wisata favorit adalah Dataran Tinggi Guci. Pemandia air panas di kaki Gunung Slamet ini memang telah lama menjadi destinasi populer di Kabupten Tegal.

Menurutnya, para pengunjung dari Semarang dan sekitarnya kini bisa lebih cepat mengakses Guci lewat jalan bebas hambatan.

Supriyono mengggambarkan, waktu tempuh Semarang ke Guci lewat jalan tol hanya dua jam, jauh lebih singkat dari sebelumnya melalui jalan bukan tol selama lima jam.

Sebagaimana diketahui, jalan tol Pemalang–Batang beroperasi penuh sejak tahun lalu. Jalan tol sepanjang 39,2 kilometer ini merupakan bagian dari koridor jalan tol Trans Jawa dan masuk dalam daftar proyek strategis nasional. Pembangunan jalan tol ini menelan biaya Rp7,49 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, tegal

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top