Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadi Menparekraf, Wishnutama Beberkan Strategi Gaet Kunjungan Wisman

Wishnutama Kusubandio, mantan CEO Net TV, resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo.
Dewi Aminatuz Zuhriyah
Dewi Aminatuz Zuhriyah - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  17:47 WIB
Jadi Menparekraf, Wishnutama Beberkan Strategi Gaet Kunjungan Wisman
Prosesi serah terima jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Arief Yahya (kiri) ke Wishnutama Kusubandio di Gedung Sapta Pesona, Rabu (23/10/2019). - Bisnis/Dewi A. Zuhriyah

Bisnis.com, JAKARTA — Wishnutama Kusubandio, mantan CEO Net TV, resmi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam sambutannya, usai melakukan sertijab dengan Menpar Arief Yahya, Wishnutama mengaku cukup tertantang dengan jabatan barunya. Apalagi, kementerian pariwisata kini dilebur menjadi satu dengan badan ekonomi kreatif.

“Tantangan buat saya, soal pariwisata dan ekonomi kreatif digabung lagi saya pikir betul salah satu daya tarik wisata kita mengelola itu terutama dari segi kreativitas,” kata Wishnutama, Rabu (23/10/2019).

Menurutnya, dengan bergabungnya ekonomi kreatif dan pariwisata, menjadi kesempatan baginya untuk mengelola event-event pariwisata untuk menarik wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara, selain melakukan promosi.  

Dia mencontohkan, seperti halnya di Belgia yang memiliki Tomorrowland, festival  electronic dance music yang setiap tahun berlangsung.

Wishnutama mengatakan Indonesia perlu memiliki event yang berkualitas sehingga bisa membuat wisman datang kembali.

“Kita punya Calendar of Event. Seperti apa kualitasnya? Menurut saya tidak perlu banyak-banyak [event] yang penting daya tariknya tinggi. Lebih baik lebih fokus, butuh proses ke sana. Itu yang akan kita kembangkan ke depan.”

Sementara itu, selain meningkatkan kualitas Calendar of Event, Wishnutama juga mengaku tugas lain yang harus dikerjakannya adalah bagaimana meningkatkan devisa, jumlah wisatawan asing, kualitas per wisman dalam hal ini adalah spending yang dikeluarkan oleh wisatawan. Selebihnya, dia mengaku masih harus banyak belajar tentang posisi barunya itu.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menteri pariwisata dan ekonomi kreatif
Editor : Wike Dita Herlinda

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top