Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pertamina Gencarkan Digitalisasi SPBU

Masifnya pergerakan digitalisasi di era revolusi industri 4.0. mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat dan maksimal agar tidak menjadi ancaman bagi perkembangan bisnis ke depannya.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 29 September 2019  |  00:15 WIB
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya
Pengendara mengisi bahan bakar di SPBU, di Jakarta, Senin (9/4/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com,JAKARTA—Masifnya pergerakan digitalisasi di era revolusi industri 4.0. mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi dengan cepat dan maksimal agar tidak menjadi ancaman bagi perkembangan bisnis ke depannya.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Pertamina. Menurut Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid, pihaknya telah merespon perubahan itu dengan sangat cepat.

Dia mencontohkan salah satu langkah yang dilakukan ialah penerapan digitalisasi SPBU sebagai bagian dari bisnis hilir Pertamina.

"Digitalisasi SPBU menjadi jawaban dari keinginan pelanggan di era revolusi industri 4.0. Hingga saat ini, proses digitalisasi SPBU terus kita kembangkan," ujarnya dalam keterangan resminya Sabtu (28/9/2019).

Mas'ud mengungkapkan, program digitalisasi SPBU yang mulai terlihat hasilnya adalah pengimplementasian pembayaran nontunai melalui aplikasi LinkAja yang merupakan hasil kolaborasi dengan beberapa BUMN.

"Aplikasi LinkAja menjadi alat untuk mempermudah transaksi di SPBU yang sesuai dengan era saat ini," ucapnya.

Selain itu, Mas'ud mengungkapkan Pertamina juga mulai menyiapkan charging stationdi SPBU dan memproduksi baterai lithium bersama UNS sebagai jawaban gencarnya teknologi kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) yang digadang-gadang sebagai kendaraan masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top