Cirebon Power Mulai Lakukan Studi Pembangunan PLTS

Produsen listrik swasta PT Cirebon Electric Power tengah melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS) mengenai potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Cirebon.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 17 September 2019  |  13:03 WIB
Cirebon Power Mulai Lakukan Studi Pembangunan PLTS
Lahan PLTU Cirebon. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen listrik swasta PT Cirebon Electric Power tengah melakukan studi kelayakan atau feasibility study (FS) mengenai potensi pengembangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Cirebon.

Pengembangan pembangkit tersebut berdasarkan potensi energi surya yang mampu dikembangkan dengan baik di Cirebon. Adapun lahan yang digunakan seluas kurang lebih 100 hektare (ha) merupakan lahan yang belum terpakai di lokasi berdirinya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik Cirebon Power.

Head of Communication Cirebon Power Yuda R. Panjaitan mengatakan total luas lahan milik perusahaan adalah 200 ha. Ke depan, Cirebon Power akan memiliki dua PLTU dengan dibangun di lahan seluas 100 ha. 

Artinya, masih ada lahan seluas 100 ha lagi yang belum dibangun sehingga direncanakan untuk menjadi tempat berdirinya PLTS.

Apabila PLTS tersebut jadi dikembangkan di lahan seluas 100 ha, maka total kapasitas pembangkit yang bisa dihasilkan mencapai 100 MW dengan asumsi 1 ha lahan mampu menghasilkan 1 megawatt (MW) listrik.

Dia yakin pemanfaatan lahan dengan mengembangkan PLTS sangat tepat karena lokasinya yang berada di garis pantai dan iklim Cirebon yang cenderung terpapar sinar matahari. Namun, karena studi yang belum selesai dilakukan, Cirebon Power belum bisa memastikan kapasitas maupun waktu beroperasi komersial atau commercial operation date (COD).

"Terkait PLTS, saat ini kami masih dalam tahap menjajaki peluang itu karena dari berbagai jenis pembangkit EBT [energi baru terbarukan], PLTS adalah pilihan yang paling memungkinkan di wilayah Cirebon," katanya kepada Bisnis, Senin (16/9/2019).

Menurutnya, selain dalam misi untuk mengoptimalkan lahan, EBT merupakan energi masa depan yang harus segera dimanfaatkan. 

Saat ini, Cirebon Power memiliki PLTU berkapasitas 660 MW yang telah COD sejak 2012. Cirebon Power juga sedang membangun pembangkit kedua berkapasitas 1.000 MW yang progress konstruksinya telah mencapai 61 persen dengan target COD 2022.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
energi terbarukan, pltu

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top