Perbesar Pendapatan Lain-lain, Ini Langkah Citilink Indonesia

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa inovasi digital itu merupakan komitmen maskapainya untuk konsisten memberikan produk baru kepada pelanggan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 05 September 2019  |  09:07 WIB
Perbesar Pendapatan Lain-lain, Ini Langkah Citilink Indonesia
Pesawat komersial maskapai Citilink mendarat di landasan Yogyakarta International Airport (YIA) saat "Proving Flight" di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Uji coba perdana pesawat komersial dengan rute penerbangan CKG-YIA-CKG tersebut menjadi salah satu bagian persiapan operasional YIA./ANTARA FOTO - Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA -- Maskapai berbiaya rendah Citilink Indonesia meluncurkan produk baru berupa boarding pass dengan QR Code sebagai media komunikasi interaktif dengan pelanggan.

Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo mengatakan bahwa inovasi digital itu merupakan komitmen maskapainya untuk konsisten memberikan produk baru kepada pelanggan.

"Kami ingin jadi maskapai digital pertama di Indonesia sehingga produk baru yang kami keluarkan akan berkaitan dengan inovasi digital," katanya, Rabu (4/9/2019).

Dia ingin mendorong efisiensi yang tidak hanya dirasakan oleh penumpang melainkan oleh para rekan bisnisnya.

Menurutnya, boarding pass tersebut akan menjadi media komunikasi dan ruang promosi yang turut memberikan manfaat bagi pelanggan. Adapun, ruang promosi dalam QR Code yang tercantum pada boarding pass tersebut diberikan bagi para rekan bisnis yang menjadi pemasukan lain-lain.

"Kami luncurkan sebagai nilai tambah karena sejatinya ini jadi prioritas utama pelanggan. Ini untuk meningkatkan ancillary revenue, selain pengangkutan pemumpang dan barang atau kargo," jelasnya.

Langkah itu, katanya, akan diikuti oleh induk usahanya PT Garuda Indonesia Tbk. Konsep yang diusung akan sama dengan menggunakan boarding pass serupa.

Dengan boarding pass baru, penumpang cukup memindai QR code yang ada di belakang boarding pass untuk mendapatkan berbagai kejutan menarik dan berbeda-beda yang tersambung ke landing page Citilink Indonesia di gadget penumpang.

Citilink Indonesia menghadirkan sebuah ruang promosi baru bagi mitra untuk menjangkau target pasar dengan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran melalui promosi visual dan menggunakan fitur digital, dalam hal ini QR code.

Saat ini, Citilink Indonesia sudah menggandeng tiga mitra yaitu Tokopedia, Tiket.com dan Traveloka.

Boarding pass Citilink Indonesia versi baru ini akan mulai diaplikasikan per 5 Oktober 2019 di 25 Bandara di Indonesia. Rencananya, secara bertahap akan diterapkan di seluruh bandara yang dilayani Citilink Indonesia.

Pada 2019, Citilink Indonesia telah meraih penghargaan 32nd ASENTA Awards of Excellence 2019 dari ASEAN Tourism Association untuk kategori Best ASEAN Airlines Program – Flexy Flight Program dan penghargaan Indonesia Original Brand (IOB) Award 2019 untuk kategori Airline – LCC.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
citilink, maskapai lcc

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top