CitraLand Banjarmasin Tawarkan Ruko Manhattan Avenue

Pengembang di kota besar Kalimantan mengantisipasi melonjaknya permintaan ruang usaha terkait dengan pemindahan ibu kota negara.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 04 September 2019  |  07:36 WIB
CitraLand Banjarmasin Tawarkan Ruko Manhattan Avenue
Ruko Manhattan Avenue yang dibangun CitraLand Banjarmasin. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur diprediksi membawa sentimen positif terhadap berbagai sektor ekonomi di Pulau Kalimantan secara keseluruhan.

Pembangunan yang masif mulai tahun 2020, juga akan dirasakan oleh kota-kota lain di Pulau Kalimantan, misalnya Banjarmasin. Salah satu subsektor yang akan tumbuh signifikan adalah properti.

Setidaknya dalam 2 tahun—3 tahun ke depan bisnis properti di Kalimantan akan booming karena adanya ekspansi besar-besaran perusahaan-perusahaan baik lokal, nasional, maupun internasional ke Pulau Borneo. Di samping perumahan, permintaan rumah toko/rumah kantor akan meningkat tajam.

Para pengembang di kota-kota besar Kalimantan pun melakukan langkah-langkah strategis dalam mengantisipasi melonjaknya permintaan ruang usaha, terutama untuk perkantoran dari ekspansi perusahaan dari luar Kalimantan.

Misalnya, CitraLand Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang mengembangkan lahan 30 hektare.

Proyek yang dikembangkan oleh Ciputra Group dan mitra lokalnya, menyediakan satu komersial area yaitu, Manhattan Avenue yang berada di kawasan Capital Center CitraLand Banjarmasin sebagai area perkantoran. Ruko dua lantai yang dibanderol sekitar Rp2 miliar ini mendapat respons positif pasar.

“Dalam beberapa bulan terakhir ini, ekspansi perusahaan lokal dan nasional ke Kota Banjarmasin cukup pesat, di antaranya perusahaan nasional Sari Roti dan Milagros di Banjarmasin. Di sekitar CitraLand Banjarmasin sendiri, pembangunan hotel-hotel baru bermunculan. Ini berimbas positif terhadap penjualan ruko kami,” kata Project Manager CitraLand Banjamasin Yosef Purba melalui siaran pers, Rabu (4/9/2019).

Manhattan Avenue, kata Yosef, terdiri atas tiga blok dengan setiap blok terdapat 12 unit dan semuanya adalah siap pakai. “Sekitar 70 persen terjual.”

Di kawasan Manhattan Avenue, tuturnya, beberapa perusahaan sudah beroperasi di antaranya beberapa kantor perusahaan pertambangan, distributor ban, clean shoes, dan menyusul OTW café dan Milagros.

Adapun, di ruko I Walk I dan I Walk II juga sudah  banyak dibuka usaha antara lain perkantoran, kafe, gym, salon, pangkas rambut (barbershop), restoran, penatu, dan apotek.

“Selain ready stock, di mana perusahaan dapat langsung beroperasi tidak perlu menunggu sekitar 18 bulan, jika membeli ruko inden, ruko di Manhattan Avenue ini memiliki lokasi yang srategis karena lokasinya tidak jauh dari Ciputra Hospital dan Mealbox yang merupakan fasilitas hangout anak muda,” jelas ujar.

Selain itu, tutur Yosef, penjualan rumah dan ruko di CitraLand Banjarmasin masih tumbuh cukup baik.

Untuk residensial, perumahan CitraLand Banjarmasin menyasar segmen menengah atas. Saat ini, pengembang memasarkan dua tipe rumah di klaster Voila. Keduanya adalah rumah dua lantai, tipe Mansion (LT/LB 190/179) dengan kisaran harga Rp3,60 miliar dan tipe Premeire  (123/60), kisaran harga Rp1,50 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ruko, Ibu Kota Dipindah, banjarmasin, citraland

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top