Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Akan Bentuk Tim untuk Mengoptimalkan Program Kartu Tani

Pemerintah memutuskan untuk  membentuk tim lintas sektor guna mengoptimalkan distribusi dan pemanfaatan kartu tani.
Rangkaian acara penyaluran Kartu Tani secara simbolis  di Sumenep,  Madura, Jawa Timur, Selasa (6/6)./Istimewa
Rangkaian acara penyaluran Kartu Tani secara simbolis di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (6/6)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA Pemerintah memutuskan untuk  membentuk tim lintas sektor guna mengoptimalkan distribusi dan pemanfaatan kartu tani.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebutkan hingga saat ini, distribusi maupun pemanfaatan kartu tani belum optimal. Dari target 10 juta kartu tani, baru sekitar 5,5 juta kartu yang sudah dibagikan. 

Adapun dari 5,5 juta kartu yang telah dibagikan kepada para petani, baru sekitar 520.000 kartu yang sudah dimanfaatkan.

Menurut Amran, ada berbagai kendala yang menyebabkan pemanfaatan kartu ini belum optimal.

“Pertama, butuh waktu karena ada petani yang [lokasinya] jauh di puncak gunung, jauh dari kota. Ini perlu langkah serius untuk mencapai target,” katanya usai menghadiri rapat koordinasi tentang kartu tani di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (22/8/2019).

Lokasi para petani yang jauh dari perkotaan ini, menurut Amran, membuat mereka kesulitan untuk  mendapatkan akses sinyal atau internet. Padahal, internet menjadi salah satu sarana penting untuk melakukan transaksi menggunakan kartu tani.

Selain itu, ada pula isu terkait kebiasaan petani yang memang tidak mudah diubah.

Untuk itu, sebuah tim yang beranggotakan sejumlah kementerian seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, juga BUMN, serta perbankan di bawah bendera Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang turut andil dalam program kartu tani, akan dibentuk.

Tim ini, kata Amran, akan dikomandoi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sebagai leading sector.

Langkah awal yang akan dilakukan tim ini adalah mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebab kurang optimalnya distribusi maupun pemanfaatan kartu tani di tiap tiap daerah. Selanjutnya, tim ini akan bergerak mencari solusi sehingga pemanfaatan kartu tani bisa segera dioptimalkan.

“Kalau bisa Senin [tim] sudah terbentuk,” tambah Amran.

Sebagai langkah awal, optimasi distribusi dan pemanfaatan kartu tani akan dipusatkan di tiga daerah, yakni Jawa Barat, jawa Timur, dan Jawa Tengah. Hal ini lantaran daerah tersebut menjadi kontributor terbesar terhadap produksi padi nasional.

Untuk diketahui, kartu tani menjadi instrumen penting dalam penyaluran pupuk bersubsidi. Ke depan, pemerintah berencana mewajibkan kartu tani bagi para penerima pupuk bersubsidi.

Selain pupuk, kartu tani juga akan menjadi akses untuk mendapatkan bantuan benih, penyewaan alat dan mesin pertanian (alsintan), dan pendanaan berupa kredit usaha rakyat (KUR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper