Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi : Regulasi Harus Sederhana dan Konsisten

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penyederhanaan regulasi dan konsistensi regulasi.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  11:09 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya penyederhanaan regulasi dan konsistensi regulasi.

Jokowi mengatakan selama ini masih banyak regulasi yang yang kaku dan formalistik sehingga menyibukkan dan "meruwetkan" masyarakat dan dunia usaha.

"Kita tidak bisa membiarkan regulasi yang menjebak kita menakut-nakuti kita yang justru menghambat inovasi," kata Jokowi dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Jumat (16/8/2019).

Regulasi yang tidak konsisten dan tumpang tindih antara satu dengan yang lain perlu disederhanakan, dipangkas, dan diselaraskan.

Regulasi yang sudah ketinggalan zaman juga ditekankan untuk segera dihapus.

"Kita juga harus tanggap terhadap tantangan baru yang belum diatur dalam peraturan perundang-undangan," ujar Jokowi.

Kinerja dari pembuatan aturan perundang-undangan kedepannya tidak bisa lagi diukur berdasarkan berapa banyak UU PP, Permen, dan Perda yang dikeluarkan.

Kinerja pembuatan peraturan perundang-undangan perlu diukur berdasarkan seberapa besar kepentingan rakyat, negara, dan bangsa bisa dilindungi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pidato Kenegaraan
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top