Terra Drone Tunjukkan Sistem Pengelola Penerbangan Tanpa Awak kepada Airnav

Direktur Utama Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana mengatakan dalam sistem tersebut, Airnav sebagai pengelola ruang udara dapat mengawasi pergerakan seluruh drone yang telah terdaftar secara real time
Geofanni Nerissa Arviana
Geofanni Nerissa Arviana - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  16:08 WIB
Terra Drone Tunjukkan Sistem Pengelola Penerbangan Tanpa Awak kepada Airnav
Repro

Bisnis.com, JAKARTA – Terra Drone mendemonstrasikan Sistem Unmanned Traffic Management (UTM) kepada Airnav di kantor Jakarta Air Traffic Services Center (JATSC), pada pekan lalu.

Dalam demonstrasi tersebut, Terra Drone menunjukkan manfaat sistem UTM sebagai pengelola penerbangan pesawat tanpa awak sehingga drone dapat terbang dengan teratur dan aman di ruang udara Indonesia.

Dalam rilisnya, Selasa (13/8/2019), Terra Drone menyatakan sistem UTM perlu diimplementasikan sebagai bagian dari rencana integrasi ruang udara di Indonesia yang memungkinkan penerbangan pesawat berawak dan tidak berawak diawasi secara bersamaan, seperti disebutkan dalam keterangan resmi.

Direktur Utama Terra Drone Indonesia Michael Wishnu Wardana mengatakan dalam sistem tersebut, Airnav sebagai pengelola ruang udara dapat mengawasi pergerakan seluruh drone yang telah terdaftar secara real time. “Dengan demikian, proses perizinan dan komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat dapat terakomodasi dalam satu sistem.”

Selain itu, pilot drone juga dapat mengajukan izin terkait penerbangan drone sesuai dengan regulasi yang berlaku dengan lebih mudah.

Solusi sistem UTM ini dikembangkan bersama perusahaan portofolio Terra Drone di Belgia, Unifly, yang juga sudah menerapkan solusi serupa di beberapa negara, seperti Jerman, Denmark, Austria, Belgia, dan Jepang.

Kegiatan yang merupakan hasil koordinasi dan rekomendasi dari Perum LPPNPI Airnav tersebut dihadiri oleh Direktorat Kelaikudaraan & Pengoperasian Pesawat Udara, Direktorat Navigasi Penerbangan, Direktorat Angkutan Udara, Direktorat Bandar Udara, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, PT Angkasa Pura II (Persero), Asosiasi Pilot Drone Indonesia, dan Asosiasi Sistem & Teknologi Tanpa Awak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Drone

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top