BERITA FOTO : Kunjungan Pertama Rini Soemarno ke Freeport, Melihat Grasberg Mine, Tambang Underground, Hingga 'Panen' Melon

Menteri BUMN Rini Soemarno untuk pertamakalinya mengunjungi lokasi tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, setelah akuisisi perusahaan tambang tembaga terbesar di Asia itu oleh PT Inalum tahun lalu
Arif Budisusilo
Arif Budisusilo - Bisnis.com 29 Juli 2019  |  19:15 WIB
BERITA FOTO : Kunjungan Pertama Rini Soemarno ke Freeport, Melihat Grasberg Mine, Tambang Underground, Hingga 'Panen' Melon
Menteri BUMN Rini Soemarno bersama Dirut PT Inalum Budi Gunadi Sadikin dan Dirut PT Freeport Indonesia Tony Wenas saat mengunjungi Grasberg Mine di kawasan pertambangan Freeport Indonesia Tembagapura, Timika, Sabtu (27/7) - Bisnis/Arif Budisusilo

Bisnis.com, TIMIKA – Menteri BUMN Rini Soemarno untuk pertamakalinya mengunjungi lokasi tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua, setelah akuisisi perusahaan tambang tembaga terbesar di Asia itu oleh PT Inalum tahun lalu.

Dalam kunjungan kerja yang berlangsung Sabtu - Minggu (27-28 Juli) itu, Menteri Rini tidak hanya melihat tambang terbuka Grasberg Mine yang sudah hampir selesai pengoperasiannya, tetapi juga melihat tambang underground yang akan efektif beroperasi sepenuhnya pada tahun 2021 mendatang. Selain itu juga melihat berbagai fasilitas untuk karyawan.

Selain itu, Menteri Rini yang didampingi Dirut PT Inalum Budi G Sadikin dan Dirut PT Freeport Tony Wenas serta jajaran direksi holding BUMN Tambang dan Direksi Bank BUMN juga melihat penanganan tailing PT Freeport melalui helikopter. Lalu dilanjutkan dengan melihat langsung pemanfaatan tailing untuk pertanian.

Berikut ini rekaman gambar kunjungan kerja Menteri Rini Soemarno di Tembaga Pura dan Timika pada Sabtu (27/7) dan Minggu (28/7) lalu:

Penampakan bus VIP anti peluru yang digunakan Menteri Rini Soemarno dan rombongan saat berangkat dari Timika ke Tembaga Pura.

Foto bersama di areal Grasberg Mine. Rini Soemarno menyempatkan diri berfoto di dalam roda truk raksasa Caterpillar 797, yang menjadi alat angkut material hasil tambang. Truk itu salah satunya kini dipajang sebagai 'monumen' di ketinggian lebih dari 4.000 meter di atas permukaan lalut.

Menteri Rini menyaksikan operator bekerja pada pusat remote kontrol tambang bawah tanah, yang sebagian dioperasikan perempuan asli Papua.

Menteri BUMN Rini Soemarno berfoto bersama manajemen dan karyawan PT Freeport saat mengunjungi tambang bawah tanah di terowongan dengan kedalaman 1.760 di bawah permukaan tanah. Di lokasi itu terdapat masjid dan gereja untuk keperluan karyawan yang bekerja di tambang underground.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Superblock yang terdapat pemukiman karyawan dengan berbagai fasilitas untuk karyawan. Fasilitas yang ada antara lain layanan kesehatan yang lengkap, supermarket, tempat makan karyawan, tempat hiburan termasuk karaoke.

Karyawan Freeport mengajak selfie Menteri BUMN saat mengunjungi fasilitas superblok di Tembagapura.

Dengan naik helikopter, Menteri Rini dan rombongan manajemen Inalum serta Freeport melihat penanganan tailing perusahaan tambang tersebut. Tailing selain dikelola agar dampak lingkungannya terjaga, juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk jalan dan lahan pertanian.

Dengan mengendarai bus, rombongan Menteri BUMN jalan darat dari Timika ke Kuala Kencana, kota baru yang dibangun PT Freeport, melihat kebun dan lahan pertanian yang memanfaatkan tailing untuk berbagai keperluan pertanian mulai sayuran, buah-buahan, kolam ikan, pemeliharaan burung kasuari, dan budidaya tanaman anggrek Papua. Menteri Rini juga sempat memetik buah melon di lokasi tersebut.

 

Di kawasan pertanian yang memanfaatkan lahan bekas tailing, Menteri BUMN Rini Soemarno menyempatkan diri memetik buah melon.

Anggrek Papua yang ditanam di kebun hasil pemanfaatan tailing olahan tembaga PT Freeport Indonesia.

Di sela kunjungan kerja, Menteri BUMN menyaksikan penandatangan kerjasama sinergi Bank BUMN dengan Holding Pertambangan serta pembukaan Rakor Pertambangan. Tampak Menteri BUMN menyalami para direksi Bank BUMN danHolding Pertambangan setelah mereka melaukan penandatanganan kerjasama sinergi Bank BUMN dengan BUMN Tambang dalam transaksi valas untuk ekspor-impor.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan Rapat Koordinasi Holding BUMN Pertambangan di hotel Rimba Papua hingga Senin (29/7).

Foto-foto: Bisnis/Arif Budisusilo 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
freeport indonesia, Rini Soemarno

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top