Sucofindo Resmikan Layanan Outlet Laboratorium di Karawang

PT Sucofindo (Persero) meningkatkan pelayanan dengan menambah Outlet Laboratorium di Kawasan Surya Cipta Karawang Jawa Barat yang diresmikan secara langsung oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo Budi Hartanto pada 23 Juli 2019.
Akhirul Anwar
Akhirul Anwar - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  19:45 WIB
Sucofindo Resmikan Layanan Outlet Laboratorium di Karawang
Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo Budi Hartanto melakukan pemotongan pita menandai dibukanya Outlet Laboratorium di Kawasan Surya Cipta Karawang pada 23 Juli 2019.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sucofindo (Persero) meningkatkan pelayanan dengan menambah Outlet Laboratorium di Kawasan Surya Cipta Karawang Jawa Barat yang diresmikan secara langsung oleh Direktur Keuangan dan Perencanaan Strategis Sucofindo Budi Hartanto pada 23 Juli 2019.

Menurut Budi, pembukaan Outlet Laboratorium di Karawang bertujuan untuk memudahkan pelanggan dalam memperoleh jasa laboratorium, khususnya untuk Kawasan Industri Cikarang, Karawang, Cikampek, serta Purwakarta.

"Dengan dibukanya outlet ini merupakan wujud komitmen PT Sucofindo (Persero) dalam memberikan kepuasan pelayanan bagi pelanggan," ujarnya dihadapan pelanggan yang hadir dalam acara itu.

Outlet laboratorium ini merupakan satu dari delapan outlet dan unit layanan yang dirilis pada tahun 2019 ini mengingat banyaknya permintaan dari pelanggan untuk kemudahan akses layanan. 

"Kalau di Cibitung ada dua, Tangerang dan di sini. Tapi kita punya outlet cukup banyak, di antaranya kita ada di Morowali, Kendari, Jogja, Papua dan Sorong. Layanan ini akan memudahkan dan mempersingkat waktu, sehingga membantu kelancaran proses bisnis pelanggan terutama yang memiliki mobilitas tinggi,” kata Budi.

Pemilihan pembukaan outlet di kawasan Surya Cipta Karawang ini bukan tanpa sebab. Menurut Budi, Outlet Laboratorium Sucofindo di Karawang ini berada di lokasi strategis yang dekat dengan kawasan industri sehingga pelanggan tidak lagi harus mengirimkan sample ke laboratorium Sucofindo di Cibitung.

Lanjutnya, pelanggan dapat dengan mudah mengirimkan bahan pengujian di outlet ini dan akan diambil secara periodik untuk diuji di laboratorium Sucofindo Cibitung.

Lokasi outlet dikelilingi 300 pelanggan potensial karena berada di kawasan Industri. Dengan dibukanya outlet ini juga mampu memperluas cakupan pelanggan.

“Di sini juga akan menjadi salah satu pusat untuk cross selling kegiatan jasa lain di luar jasa pengujian. Jadi outlet ini bukan hanya pengujian. Ketika mereka butuh konsultasi sistem manajemen mutu, dan inspeksi di sini bisa dilakukan,” katanya.

Di waktu yang sama, Kepala Strategic Business Unit Laboratorium Anwar Tahir berharap lokasi outlet Laboratorium Sucofindo di Karawang dapat mengakselerasi perkembangan bisnis yang didominasi oleh Kawasan Industri di daerah Karawang.

“Kawasan tersebut membutuhkan mobilitas cepat selain dari Karawang, juga dari Bekasi, Purwakarta dan daerah Timur lainnya,” kata Anwar.

Outlet Laboratorium Sucofindo di Karawang menurut Anwar akan melayani Uji Sample, Uji Kalibrasi, pengurusan administrasi, pengambilan Laporan Analisa atau Kalibrasi, serta Konsultansi Layanan Laboratorium lainnya.

"Di outlet terbaru, kami melayani penerimaan order Uji Kimia Produk Makanan dan Minuman, Air Limbah, Air Bersih, Mikrobiologi, Kalibrasi Alat Ukur, Halal, dan lain-lain. Selanjutnya, orderan tersebut dikirim ke Laboratorium pusat Sucofindo di Cibitung untuk dianalisis,” kata Anwar.

Ke depan, Anwar mengatakan laboratorium Sucofindo sudah mempersiapkan beberapa Pengembangan jasa pengujian baru dan ikut serta dalam perumusan standarisasi guna peningkatan jasa pelayanan lainnya.

Beberapa Pengembangan Jasa baru SBU Laboratorium yaitu Pengujian Audio Visual dan Produk Luminer, Pengujian Radio Frekuensi untuk produk Informasi teknologi seperti Handphone, Komputer, dan Tablet, Pengembangan jasa Laboratorium Halal serta Pengembangan Laboratorium EMC yang saat ini masih dalam kajian bersama.

"Selain itu dalam mempermudah proses bisnis pelanggan, Sucofindo baru saja merilis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIM LAB)," kata Anwar. 

Aplikasi SIM LAB ini nantinya akan dilengkapi dengan fitur tracking order, sehingga para pelanggan dapat secara jelas mengetahui proses order dan informasi quality control/tren pengujian produk.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sucofindo

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top