Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pacu Produksi Mainan, Sinar Harapan Plastik Bangun Pabrik di Kendal

Produk yang dihasilkan perusahaan ini adalah mobil-mobilan dan sepeda mainan tunggang berbahan plastik.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 24 Juli 2019  |  15:31 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — Produsen mainan dalam negeri PT Sinar Harapan Plastik menambah kapasitas produksinya dengan membangun pabrik baru di Kendal, Jawa Tengah.

Presiden Direktur Sinar Harapan Plastik Hary Tio menuturkan saat ini progres pembangunan pabrik tersebut sudah sekitar 70% dan mulai beroperasi pada awal tahun depan. Pembangunan ini merupakan perluasan kapasitas yang sudah ada.

“Tambahan kapasitas dari pabrik baru ini sekitar 20.000 pieces per bulan untuk tahap awal,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (24/7/2019).

Saat ini, Sinar Harapan Plastik memiliki fasilitas produksi di daerah Kamal, Jakarta Barat dengan kemampuan produksi sekitar 120.000 pieces per bulan dan menyerap tenaga kerja hingga 500 orang yang didominasi lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). Perseroan merupakan produsen mainan anak dengan merek SHP Toys untuk pasar domestik, dan merek Winny Will untuk pasar mancanegara.

Produk yang dihasilkan perusahaan ini adalah mobil-mobilan dan sepeda mainan tunggang berbahan plastik atau sering disebut dengan plastic injection.

Hary mengatakan perseroan memilih Kendal sebagai lokasi pabrik baru karena letaknya yang strategis, baik ke arah barat maupun ke arah timur.

Infrastruktur tol dari Jakarta sampai Surabaya yang telah terhubung juga membantu pergerakan arus barang sehingga biaya logistik dapat ditekan dengan pendirian pabrik di Kendal.

“Lokasi ini juga dekat dengan pelabuhan untuk aktivitas ekspor impor dan juga bandara. Ke depan, posisi di Kendal atau Jawa Tengah akan menjadi strategis dalam kompetisi global, terutama dalam hal keunggulan supply chain,” kata Hary.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri mainan
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top