Jepang Gandeng Singapore Airlines Dongkrak Kunjungan Turis dari 5 Negara

Campbell Wilson, Senior Vice President Sales & Marketing Singapore Airlines menyatakan kelima pasar utama yang dipiliha Jepang itu adalah Singapura, Australia, India, Indonesia dan Malaysia.
Hendra Wibawa
Hendra Wibawa - Bisnis.com 19 Juli 2019  |  08:53 WIB
Jepang Gandeng Singapore Airlines Dongkrak Kunjungan Turis dari 5 Negara
Executive Director Overseas Promotion Department JNTO Reiko Fujita (dua kiri), Executive Vice President JNTO Akira Ninagawa, Senior Vice President Sales & Marketing SIA Campbell Wilson, Senior Manager Brand & Marketing SIA Ranjan Jha. JIBI - Singapore Airlines

Bisnis.com, JAKARTA -- Japan National Tourism Organization dan Singapore Airlines menandatangani memorandum of cooperation untuk meningkatkan kerja sama dalam promosi perjalanan dan pariwisata menuju Jepang dari lima pasar utama.

Campbell Wilson, Senior Vice President Sales & Marketing Singapore Airlines (SIA), menyatakan kelima pasar utama itu Singapura, Australia, India, Indonesia dan Malaysia.

Menurutnya, pasar itu dipilih oleh JNTO dan SIA karena tingginya jumlah wisatawan dari negara-negara tersebut yang terbang ke Jepang pada 2018.

Sebagai bagian dari kerja sama itu, menurutnya, Japan National Tourism Organization (JNTO) dan SIA akan melakukan investasi yang signifikan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran, mempromosikan pariwisata menuju Jepang dari lima pasa utama itu.

 “Jepang merupakan destinasi yang menyenangkan baik untuk wisatawan bisnis maupun rekreasi, dan melalui kemitraan ini, kami berharap dapat bekerja lebih dekat dengan JNTO untuk mendukung pertumbuhan perjalanan menuju Jepang lebih jauh lagi,” katanya dalam siaran pers, Jumat (19/7/2019).

Dalam memorandum of cooperation, kedua pihak juga akan bekerja sama dalam kegiatan promosi gabungan untuk membantu Jepang mencapai targetnya dalam menyambut 40 juta wisatawan asing pada 2020. Kerja sama itu merupakan kerja sama pertama JNTO dengan sebuah maskapai penerbangan.

Akira Ninagawa, Executive Vice President JNTO, menyatakan penumpang masuk dari Asia Tenggara beserta wilayah sekitarnya telah tumbuh secara stabil. Menurutnya, wilayah itu merupakan beberapa pasar yang penting bagi Jepang.

“Kami berharap melalui kerja sama dengan SIA, kami dapat menyambut lebih banyak lagi pengunjung menuju Jepang, tidak hanya dari Singapura tetapi dari seluruh Asia Tenggara dan wilayah lainnya termasuk yang transit di Singapura,” kata Akira.

Jumlah wisatawan menuju Jepang dari Singapura meningkat 2,3 kali lipat dalam 5 tahun terakhir. Pada 2018, jumlah wisatawan dari Singapura meningkat 8,2% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menjadi 437.280 orang.

Hal yang serupa juga terjadi karena adanya lonjakan jumlah wisatawan menuju Jepang dari India sebesar 14,7%, dari Australia sebesar 11,6%, dari Malaysia sebesar 6,5% dan dari Indonesia sebesar 12,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Saat ini, SIA mengoperasikan 77 penerbangan mingguan menuju empat kota di Jepang, yaitu Tokyo (Bandara Haneda dan Narita), Nagoya, Osaka, dan Fukuoka.

Anak perusahaan regional SilkAir mengoperasikan tiga layanan mingguan ke Hiroshima, sedangkan maskapai berbiaya rendah SIA, Scoot, mengoperasikan 37 layanan mingguan ke Sapporo, Narita Tokyo, dan Osaka.

Oleh karena itu, SIA Group mengoperasikan 117 layanan mingguan gabungan antara Singapura dan Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
singapore airlines, jepang

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top