Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi : Pengembangan Bandara Komodo Labuan Bajo Selesai 2020

Presiden Joko Widodo menargetkan pengembangan Bandara Komodo Labuan Bajo bisa diselesaikan pada 2020 untuk mendorong sektor pariwista.
Jokowi/twitter
Jokowi/twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menargetkan pengembangan Bandara Komodo Labuan Bajo bisa diselesaikan pada 2020 untuk mendorong sektor pariwista.

Presiden juga mengintruksikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi segera memulai pengembangan Bandara Komodo tersebut.

“Yang ingin kita percepat, pertama bandara, terminal akan kita besarkan, runway diperpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semua,” kata Presiden saat melakukan kunjungan kerja di Labuan Bajo, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Perhubungan, Rabu (10/7/2019).

Presiden menyatakan Bandara Komodo Labuan Bajo diproyeksikan menjadi bandara internasional dengan suatu pengelolaan yang unik dan mempunyai konektivitas internasional. “Sehingga secara langsung turis turis akan datang kesini,” tambahnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan tengah fokus menyiapkan infrastruktur transportasi guna mendukung sektor pariwisata. Salah satu fokus Kemenhub adalah membuat Bandara Komodo di Labuan Bajo menjadi bandara internasional.

“Secara khusus Labuan Bajo punya keunggulan karena keindahan alam yang luar biasa. Aktivitas masyarakat, budaya, serta pariwisata sudah berkembang dengan baik. Oleh karenanya kita harus menyiapkan infrastruktur yang lebih baik di Labuan Bajo,” kata Budi Karya.

Pada pertengahan 2020, Menhub menegaskan perpanjangan landas pacu (runway) Bandara Komodo selesai dikerjakan sehingga dapat didarati pesawat besar seperti Airbus 320 dan meningkatkan kapasitas penumpang.

“Insyaallah pertengahan tahun depan runwaynya sudah 2.450 meter. Artinya, pesawat Airbus 320 bisa landing secara penuh,” katanya.

Menhub menambahkan kapasitas penumpang Bandara Komodo juga akan meningkatkan menjadi lebih dari 3,5 juta orang per tahun.

Menhub menjelaskan, pengembangan Bandara Komodo akan dilakukan dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pelaksanaan KPBU direncanakan akan memiliki masa kerja sama selama 25 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper