Pelabuhan Baru di Labuan Bajo Dibangun 2020

Pelabuhan Labuan Bajo yang ada ke depannya digunakan secara khusus sebagai pelabuhan pendukung pariwisata Labuan Bajo untuk melayani turis saja.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 17 Mei 2019  |  16:32 WIB
Pelabuhan Baru di Labuan Bajo Dibangun 2020
Labuan Bajo - maritim.go.id

Bisnis.com, KUPANG--Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun pelabuhan baru di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2020.

"Pelabuhan baru tersebut, nantinya khusus untuk mendukung transportasi barang dan manusia," kata Kepala Badan Penghubung NTT di Jakarta, Viktor Manek, Jumat (17/5/2019).

Dia mengemukakan hal itu, usai mendampingi Wakil Gubernur NTT, Joseph Nai Soi bertemu dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Perhubungan di Jakarta.

Menurut Menhub, pelabuhan Labuan Bajo untuk transportasi barang dan orang yang ada saat ini akan dipindahkan dan dibangun baru tahun 2020 di lokasi yang telah disiapkan.

Sementara pelabuhan Labuan Bajo yang ada saat ini, kata dia, ke depannya digunakan secara khusus sebagai pelabuhan pendukung pariwisata Labuan Bajo untuk melayani turis saja.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dulla secara terpisah mengatakan, saat ini sedang dibangun pelabuhan marina khusus untuk kapal wisata di dalam kota Labuan Bajo. Pembangunan pelabuhan ini ditangani PT ASDP Indonesia Ferry (Pesero).

Menurut dia, pemerintah pusat akan membangun pelabuhan baru di luar kota, arah utara Kota Labuan Bajo, di wilayah Bari, Kecamatan Macang Pacar. "Dermaga tersebut akan dimanfaatkan untuk aktivitas niaga terutama bongkar dan muat peti kemas,” kata Agustinus Dulla.

Saat ini untuk bongkar muat masih tergabung dengan pelabuhan penumpang dan kapal-kapal wisata. Jadi, nantinya, pelabuhan-pelabuhan di Labuan Bajo akan lebih tertata.

"Ada yang khusus untuk peti kemas, ada yang untuk pelabuhan penumpang maupun kapal wisata," kata Agustinus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
labuan bajo

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top