Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada 11 Rute, DAMRI Gratiskan Angkutan dari Bandara Kertajati

Setidaknya tercatat ada 11 rute yang dilayani DAMRI hingga travel menuju Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati.
Ilustrasi - Deretan bus Damri di Pool Kemayoran, Jakarta/ Antara-Fanny Octavianus
Ilustrasi - Deretan bus Damri di Pool Kemayoran, Jakarta/ Antara-Fanny Octavianus

Bisnis.com, JAKARTA - Setidaknya tercatat ada 11 rute yang dilayani DAMRI hingga travel menuju Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati. Selama periode peralihan ini, masyarakat juga dapat menikmati tarif promosi hingga gratis dari angkutan publik tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terus memantau proses pengalihan penerbangan di Bandara Kertajati. Dia mengapresiasi kerja sama yang baik dari stakeholder terkait, sehingga proses pengalihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, ke Bandara Kertajati, Majalengka, berjalan lancar.

Dia menjelaskan, angkutan massal lanjutan, telah tersedia bus pemadu moda seperti DAMRI yang bisa digunakan penumpang pesawat untuk menuju kota tujuan, setelah mendarat di Bandara Kertajati.

"Pada Minggu kemarin, beberapa penumpang pesawat telah memanfaatkan bus DAMRI. Bus DAMRI tersebut akan digratiskan selama satu bulan untuk para penumpang dari Bandara Kertajati," ungkapnya dalam keterangan Senin (1/7/2019).

Selain memanfaatkan Damri, beberapa penumpang pesawat lainnya juga menggunakan travel, taksi online dan kendaraan pribadi.

“Informasi terkait angkutan lanjutan bagi penumpang pesawat agar lebih diintensifkan, sehingga penumpang tidak kebingungan untuk melanjutkan perjalanan ke kota tujuan setelah mendarat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, ke depannya, pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan sarana transportasi massal yang mampu memudahkan masyarakat menuju Bandara Kertajati segera dilakukan.

"Pemerintah membangun infrastruktur untuk investasi jangka panjang. Semua infrastruktur yang dibangun pasti akan bermanfaat untuk masyarakat di masa yang akan datang,” tandasnya.

Sementara itu, VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan sejumlah perusahaan transportasi darat sudah bekerja sama untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menuju Kertajati.

“Saat ini sudah ada 11 perusahaan, terdiri atas 10 operator travel, DAMRI yang siap digunakan untuk mobilitas dari dan ke Kertajati,” terangnya.

“Operator travel juga ada yang memberikan tarif khusus. Bagi travel yang memasang tarif Rp125.000 per penumpang dari dan ke sejumlah tujuan, didiskon menjadi Rp105.000,” jelas Yado Yarismano.

Secara lengkap, berikut operator transportasi darat yang melayani rute dari dan ke Kertajati:

1. Damri: rute Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati, Cikarang-Kertajati, Kuningan – Kertajati

2. CTU Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya-Kertajati.

3. Lintas Shuttle: Bandung – Kertajati, Tasikmalaya – Kertajati

4. ECA Shuttle: Cirebon – Kertajati, Kuningan – Kertajati, Indramayu – Kertajati

5. P. Trans: Purwakarta – Kertajati

6. Baraya: Bandung – Kertajati

7. Mekarsari: Majalengka – Kertajati

8. Ames: Sumedang – Kertajati, Majalengka – Kertajati

9. Budiman: Tasikmalaya – Kertajati

10. Bhinneka Shuttle: Bandung – Kertajati, Cirebon – Kertajati

11. BJT: Cirebon – Kertajati

Tersedianya beragam pilihan transportasi publik ini bertujuan untuk mendukung kelancaran penerbangan di Kertajati, selain tentunya memudahkan masyarakat. “Kami berharap Kertajati dapat mudah diakses oleh masyarakat sehingga operasional penerbangan dan bandara pun dapat berjalan lancar,” jelasnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper