Revitalisasi 40 Terminal Bus Tipe A, Dana Rp1,5 Triliun Disiapkan

Pemerintah tengah serius ingin menjadikan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus dalam kota sebagai angkutan massal utama.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  08:59 WIB
Revitalisasi 40 Terminal Bus Tipe A, Dana Rp1,5 Triliun Disiapkan
Ilustrasi - Terminal bus Purabaya, Jawa Timur - Bisnis/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan mengalokasikan Rp1,5 triliun pada pagu anggaran 2020 guna merevitalisasi 40 terminal tipe A yang dikelolanya.


Pemerintah tengah serius ingin menjadikan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus dalam kota sebagai angkutan massal utama.


Direktur Prasarana Perhubungan Darat Kemenhub Mohamad Risal Wasal menuturkan, pada 2020 Kemenhub akan membangun atau merevitalisasi terminal Tipe A sebanyak 40 terminal.


"Pada 2020 Kemenhub akan membangun dan merevitaliasi terminal Tipe A sebanyak 40 terminal. Pada tahun ini akan disusun untuk detailed engineering design [DED] 40 terminal tersebut," terangnya kepada Bisnis, Senin (17/6/2019).


Dia menerangkan bahwa pembangunan seluruh terminal tersebut akan masuk dalam pagu anggaran 2020 sedangkan pada 2019 fokus pemerintah adalah menyusun desain atau DED pada 40 terminal tersebut dengan anggaran total Rp18,5 miliar. Dia menyebut, pembangunan terminal tersebut dianggarkan menghabiskan biaya hingga Rp1,5 triliun.


Sebagai langkah awal akan ada 9 kota yang akan menjadi percontohan revitalisasi terminal tipe A yaitu Pekanbaru, Batam, Bandung, Semarang , Medan, Surakarta, Denpasar, Badung, dan Yogyakarta. Revitalisasi terminal bus ini bertujuan untuk memberikan wajah baru pelayanan Terminal Penumpang Bus Tipe A.


Sesuai dengan implementasi Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, telah dilakukan proses alih kelola P3D Terminal Penumpang Tipe A dari Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat.


Sebanyak 144 Terminal Penumpang Tipe A yang ada di Indonesia, sebanyak 128 Terminal yang diajukan untuk proses serah terima. Selanjutnya dari 128 terminal, sebanyak 106 Terminal sudah Berita Acara Serah Terima (BAST) dan 22 masih dalam proses.


Adapun 106 Terminal yang sudah BAST terdapat 40 Terminal Penumpang Tipe A yang sudah menyelesaikan proses alih kelola P3D nya.


Adapun 40 terminal tersebut, sebanyak 9 terminal tipe A, sedang memasuki proses Dokumen Detail Engineering Design (DED) tahun 2019. Sementara itu, 31 terminal lainnya baru akan disiapkan DED atau penyiapan desainnya.


Sembilan terminal tersebut antara lain Terminal Harjamuki Kota Cirebon, Terminal Guntur Melati Kabupaten Garut, Terminal Tegal Kota Tegal, Terminal Induk Pemalang Kabupaten Pemalang, Terminal Pekalongan, Terminal Mangkang Kota Semarang, Terminal Demak, Terminal Purwokerto Kabupaten Banyumas, dan Terminal Kambang Putih Kabupaten Tuban.  

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, bus akap, terminal bus

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top