Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah 2 Unit 505, Helicity Fokus Operasikan Pesawat Tunggal

Helicity, layanan sewa helikopter milik PT Whitesky Aviation, akan fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal atau single type operations yakni Bell 505.
Director of Marketing and Business Development Whitesky Ari Nurwanda/Bisnis-Rio Sandy Pradana
Director of Marketing and Business Development Whitesky Ari Nurwanda/Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA--Helicity, layanan sewa helikopter milik PT Whitesky Aviation, akan fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal atau single type operations yakni Bell 505.

Director of Marketing and Business Development Whitesky Ari Nurwanda mengatakan perusahaan akan mendatangkan dua unit helikopter tipe Bell 505 pada Juli 2019. Saat ini Whitesky Aviation baru memiliki dua unit helikopter jenissama dengan kapasitas hingga 4 penumpang.

"Rencananya pertengahan Juli tahun ini datang dua unit Bell 505. Jadi nanti totalnya ada 4 unit," kata Ari, Rabu (12/6/2019).

Ari memaparkan alasan Helicity fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal (single type operations). Selain harga helikopter yang terjangkan dan konsumsi bahan bakar efisien, penentuan tarif layanan kepada penumpang juga bisa dibuat lebih terjangkau.

Pihaknya menyebutkan harga satu unit Bell 505 mencapai US$1,6 juta atau sekitar Rp22,7 miliar. Adapun, konsumsi avtur kurang lebih 250 liter per jam terbang. 

Kapasitas tangki pesawat tersebut adalah 600 liter, sehingga mampu terbang selama 2 jam dalam sekali pengisian bahan bakar. 

Di sisi lain, pihaknya juga sedang mempertimbangkan untuk membuka rute baru di sekitar Jakarta dan Jawa Barat.

Selama ini, lanjutnya, promosi layanan Helicity dilakukan secara daring,melalui aplikasi mobile, dan kerja sama. Adapun, kerja sama dilakukan dengan perusahaan yang memiliki kesamaan segmen, misalnya perhotelan maupun perbankan.

"Kami sedang mengkaji rute baru, yakni ke Kepulauan Seribu, Lampung, Cilegon, atau Palabuhan Ratu. Ini masih kami teliti pasarnya," kata Ari.

Ari menambahkan saat ini rute yang banyak dipesan adalah intra-Jakarta dan Jakarta-Bandung. Sebagian besar pelanggan merupakan kalangan keluarga. Pelanggan lainnya adalah kalangan pebisnis.

Menurut Ari sebagian besar alasan penumpang menggunakan helikopter adalah kenyamanan dan menghindari risiko kemacetan di jalan. Selain itu, helikopter juga tetap menawarkan keselamatan penerbangan.

Biasanya Helicity menetapkan tarif sebesar Rp16 juta sampai Rp18 juta untuk satu unit pesawat dalam sekali perjalanan Jakarta-Bandung. Namun, pada periode tertentu Helicity sering memberlakukan tarif promo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper