Tambah 2 Unit 505, Helicity Fokus Operasikan Pesawat Tunggal

Helicity, layanan sewa helikopter milik PT Whitesky Aviation, akan fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal atau single type operations yakni Bell 505.
Tambah 2 Unit 505, Helicity Fokus Operasikan Pesawat Tunggal
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 12 Juni 2019  |  21:21 WIB
Tambah 2 Unit 505, Helicity Fokus Operasikan Pesawat Tunggal
Director of Marketing and Business Development Whitesky Ari Nurwanda - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA--Helicity, layanan sewa helikopter milik PT Whitesky Aviation, akan fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal atau single type operations yakni Bell 505.

Director of Marketing and Business Development Whitesky Ari Nurwanda mengatakan perusahaan akan mendatangkan dua unit helikopter tipe Bell 505 pada Juli 2019. Saat ini Whitesky Aviation baru memiliki dua unit helikopter jenissama dengan kapasitas hingga 4 penumpang.

"Rencananya pertengahan Juli tahun ini datang dua unit Bell 505. Jadi nanti totalnya ada 4 unit," kata Ari, Rabu (12/6/2019).

Ari memaparkan alasan Helicity fokus pada pengoperasian tipe pesawat tunggal (single type operations). Selain harga helikopter yang terjangkan dan konsumsi bahan bakar efisien, penentuan tarif layanan kepada penumpang juga bisa dibuat lebih terjangkau.

Pihaknya menyebutkan harga satu unit Bell 505 mencapai US$1,6 juta atau sekitar Rp22,7 miliar. Adapun, konsumsi avtur kurang lebih 250 liter per jam terbang. 

Kapasitas tangki pesawat tersebut adalah 600 liter, sehingga mampu terbang selama 2 jam dalam sekali pengisian bahan bakar. 

Di sisi lain, pihaknya juga sedang mempertimbangkan untuk membuka rute baru di sekitar Jakarta dan Jawa Barat.

Selama ini, lanjutnya, promosi layanan Helicity dilakukan secara daring,melalui aplikasi mobile, dan kerja sama. Adapun, kerja sama dilakukan dengan perusahaan yang memiliki kesamaan segmen, misalnya perhotelan maupun perbankan.

"Kami sedang mengkaji rute baru, yakni ke Kepulauan Seribu, Lampung, Cilegon, atau Palabuhan Ratu. Ini masih kami teliti pasarnya," kata Ari.

Ari menambahkan saat ini rute yang banyak dipesan adalah intra-Jakarta dan Jakarta-Bandung. Sebagian besar pelanggan merupakan kalangan keluarga. Pelanggan lainnya adalah kalangan pebisnis.

Menurut Ari sebagian besar alasan penumpang menggunakan helikopter adalah kenyamanan dan menghindari risiko kemacetan di jalan. Selain itu, helikopter juga tetap menawarkan keselamatan penerbangan.

Biasanya Helicity menetapkan tarif sebesar Rp16 juta sampai Rp18 juta untuk satu unit pesawat dalam sekali perjalanan Jakarta-Bandung. Namun, pada periode tertentu Helicity sering memberlakukan tarif promo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Helikopter

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top