Program Balik Gratis, Kemenhub Berangkatkan 4 Kapal Ro-ro

Kementerian Perhubungan memberangkatkan empat unit kapal penyeberangan untuk arus balik mudik gratis di dua lokasi pelabuhan. Dua lokasi pelabuhan itu adalah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah dan Pelabuhan Panjang Lampung.
Hendra Wibawa
Hendra Wibawa - Bisnis.com 08 Juni 2019  |  21:00 WIB
Program Balik Gratis, Kemenhub Berangkatkan 4 Kapal Ro-ro
Kapal ro/ro untuk arus balik gratis Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan memberangkatkan empat unit kapal penyeberangan untuk arus balik mudik gratis di dua lokasi pelabuhan. Dua lokasi pelabuhan itu adalah Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah dan Pelabuhan Panjang Lampung.

Kepala Bagian Hukum dan Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Endy Irawan mengatakan bahwa kapal roll on roll off (ro-ro) dari Tanjung Emas adalah KMP. Mutiara Ferrindo VII yang berangkat pukul 09.00 WIB dan KMP. Mutiara Barat pada pukul 12.00 WIB.

“Untuk arus balik mudik gratis dari Pelabuhan Panjang, Lampung dengan menggunakan KRI Banda Aceh yang merupakan bantuan dari TNI AL dan KMP. Mutiara Berkah,” katanya dalam siaran pers, Sabtu (8/6/2019)

Dia memaparkan untuk KRI Banda Aceh yang sudah diberangkatkan pukul 16.00 WIB mengangkut sebanyak 378 penumpang dan 105 unit kendaraan roda dua dengan dilepas, sementara KMP. Mutiara Berkah berangkat pukul 18.00 WIB mengangkut 539 penumpang dan 196 unit kendaraan roda dua.

Khusus keberangkatan arus balik mudik gratis KMP Mutiara Ferrindo VII mengangkut motor sebanyak 103 unit dan penumpang sejumlah 246 orang. Sementara pada keberangkatan kedua menggunakan KMP. Mutiara Barat mengangkut 142 unit motor dan 314 orang.

Didik Tri Margono, Kepala Seksi Transportasi SDP Komersial & Perintis Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan penyelenggaraan arus balik mudik gratis pengguna motor merupakan upaya pemerintah dalam membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan motor kembali ke tempat tujuan. “Program arus balik mudik gratis ini dilaksanakan dengan harapan dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan kepadatan arus balik mudik pengendara roda dua,” kata Didik.

Sama seperti saat pemberangkatan mudik gratis beberapa hari lalu, kedua kapal yang digunakan merupakan kapal milik PT. Atosim Lampung Pelayaran.

Menurutnya, para penumpang dalam program balik gratis akan dilayani dengan fasilitas kapal yakni fasilitas ruang penumpang yang full AC, fasilitas kesehatan, serta makan siang dan makan malam selama di atas kapal. Penumpang juga akan mendapat jaminan asuransi jiwa bagi seluruh anggota keluarga serta asuransi kerugian untuk sepeda motor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top