JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Siap-siap Arus Balik, Ini Kiat Badan Tetap Segar

Sangat penting menjaga badan tetap bugar saat perjalanan balik, karena tidak lama setelahnya Anda harus kembali bekerja.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 06 Juni 2019 14:07 WIB
Sejumlah kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/6//2019). Memasuki libur hari kedua Lebaran, wisatawan mulai memadati jalur Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem buka tutup serta pemberlakuan "contraflow" untuk mengurai kemacetan. - Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Puncak arus balik Lebaran tahun ini diprediksi terjadi pada 8 Juni dan 9 Juni 2019. Siap-siap kembali menempuh perjalanan panjang usai menghabiskan libur Lebaran di kampung halaman. 

Sangat penting menjaga badan tetap bugar saat perjalanan balik, karena tidak lama setelahnya Anda harus kembali bekerja.  Beberapa kiat berikut ini mungkin dapat membantu Anda menjaga badan tetap segar selama perjalanan balik mudik.

Pertama,  perbanyak minum air putih. Perjalanan panjang nan melelahkan akan menguras banyak energi.  Banyak minum air putih akan menjaga kestabilan kinerja otak sehingga konsentrasi tetap terjaga.  Seperti diketahui, otak terdiri atas 73% air.

Selain itu,  banyak minum air putih juga penting untuk menjaga kesehatan kulit.  Mengingat selama perjalanan,  kulit akan banyak terpapar matahari dan polusi sehingga dibutuhkan kelembapan dari dalam untuk memperbaiki.

"Sebaiknya banyak minum air putih, paling tidak minimal 2 liter sehari," kata dokter spesialis kulit dan kelamim RS Hermina Daan Mogot,  Caecilia Swasti.

Kedua,  makan buah sebagai camilan.  Ganti persediaan camilan perjalanan Anda dari snack dan makanan ringan menjadi buah segar yang kaya gizi. Kandungan gizi dalam buah membantu tubuh menangkal radikal bebas selama dalam perjalanan.

"Buah-buahan mengandung aktioksidan yang tinggi," lanjutnya.

Ketiga,  sesekali kompres wajah jika terasa lelah. Gunakan handuk kecil yang telah dibahasi air dan tekan pada wajah yang lelah.  Anda juga bisa mengaplikasikan facemist pada wajah. 

Keempat, pakailah pakaian yang nyaman dan longgar.  Kenyamanan pakaian akan sangat berpengaruh pada kenyamana perjalanan.  Pastikan pakaian yang Anda kenakan memberi ruang untuk bergerak bebas. 

Terakhir, siagakan suplemen makanan,  seperti vitamim C atau vitamin B.

Sudah siap untuk arus  balik mudik?  Siapkan juga badan Anda agar tetap prima beraktivitas selepas tiba di kota tujuan. 

(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Arus Balik, Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top