JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Antisipasi Kecelakaan di Tol, Pahami Strategi 1:10

Strategi 1:10 dinilai efektif menekan risiko kecelakaan di jalan tol.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali | 01 Juni 2019 11:10 WIB
Kecelakaan beruntun yang terjadi di ruas tol Krapyak-Jatingaleh KM 9 arah Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, SOLO -- Meningkatnya jumlah pengguna jalan tol saat arus mudik Lebaran 2019 berpeluang menimbulkan sejumlah titik kemacetan baru di ruas jalan tersebut.

Hal itu membuat para pengguna harus pandai-pandai mengatur ritme kecepatan kendaraannya, baik ketika akan menghadapi kemacetan maupun setelah bebas dari kemacetan.

"Para pemudik biasanya kaget atau tidak siap ketika di depannya ternyata ada kemacetan, sehingga kecepatan kendaraannya harus mereka turunkan secara drastis. Hal seperti ini yang biasanya memicu kecelakaan," kata Humas PT Jasa Marga Semarang Riyono kepada Bisnis, Sabtu (1/6/2019).

Situasi seperti itu, menurutnya, membuat para pemudik atau pengguna jalan tol harus mengantisipasinya dengan mengatur strategi berkendara. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah menjaga jarak aman dengan strategi 1:10.

"Jadi pengguna jalan tol harus mengatur jarak antara kendaraannya dengan kendaraan lain sesuai sesuai kecepatan, dengan strategi 1:10.  Contoh, ketika kecepatan kendaraan 100 kilometer (km) per jam, jarak aman dengan kendaraan di depannya 10 meter," terang Riyono.

Pengaturan jarak tersebut akan sangat efektif untuk menjaga kesiapan pengendara maupun kendaraannya untuk melakukan pengereman.

Adapun kasus ketidaksiapan pengendara dalam menjaga jarak dan kecepatan kendaraannya telah menimbulkan kecelakaan beruntun di salah satu ruas tol Jatingaleh-Krapyak, Semarang pada Jumat (31/5). Kecelakaan tersebut dialami oleh 8 kendaraan dengan jenis kendaraan yang berbeda-beda. 

 Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mudik Lebaran, Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top