Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Jakarta-Cikampek Ramai, Dirjen Hubdar: Ini Bukan Macet

Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan saat meninjau lokasi mengatakan, memang terjadi kepadatan sehingga petugas memutukan untuk membuka empat lajur dari sebelumnya hanya tiga lajur.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  12:55 WIB
Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. - Reni Lestari/Bisnis
Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. - Reni Lestari/Bisnis

Bisnis.com, BEKASI –Tol Jakarta-Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik.  Pantauan Bisnis.com, kepadatan kendaraan mengular sepanjang mulai KM19 hingga KM29 atau ex Pintu Gerbang Tol Cikarang Utama. 

Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan saat meninjau lokasi mengatakan,  memang terjadi kepadatan sehingga petugas memutukan untuk membuka empat lajur dari sebelumnya hanya tiga lajur.

Namun demikian,  dia menegaskan bahwa kepadatan di ruas tol ini bukanlah kemacetan. Hal tersebut karena meskipun padat,  namun kendaraan masih bisa melaju antara 15 hingga 20 km/jam. 

“Menurut saya ini normal, padat tetapi kan jalan terus, jadi bukan macet ya,  ini memang ada kepadatan saja,” kata Budi di lokasi, Kamis (30/5/2019).

Dia melanjutkan,  kepadatan telah diantisipasi sebelumnya dengan menerapkan contra flow sebelum ex Pintu Gerbang Cikarang Utama dan one way setelahnya. 

Lebih lanjut Budi mengatakan,  untuk mengurangi kepadatan khususnya di sekitar rest area,  dia menyarakan agar masyarakat tak hanya mengandalkan tempat istirahat di dalam tol saja.  Terlebih tarif yang dikenakan juga tidak berbeda. 

Budi juga mengimbau masyarakat pemudik untuk mengatur waktu istirahat sedemikian rupa sehingga tidak terlalu lama dan menyebabkan penumpukan di area tertentu. 

“Saya sering sampaikan,  yang namanya rest area tidak hanya di dalam, tapi di luar tol juga  dan tarifnya sama.  Harusnya itu juga menjadi pilihan,” katanya. 

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Jawa-Bali

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : M. Taufikul Basari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top