JELAJAH JAWA BALI 2019: Bus Ditambah, Penumpang Berkurang

Jumlah bus dari sejumlah agen bus antar kota antar provinsi (AKAP) di terminal induk kota Bekasi mengalami kenaikan, namun hal itu tak diikuti dengan kenaikan jumlah penumpang.
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali - Bisnis.com 30 Mei 2019  |  12:23 WIB
JELAJAH JAWA BALI 2019: Bus Ditambah, Penumpang Berkurang
Penumpang menantikan keberangkatan bus di terminal induk Bekasi, Kamis (30/5/2019). - Bisnis/Tim Jelajah Jawa/Bali 2019

Bisnis.com, BEKASI — Jumlah bus dari sejumlah agen bus antar kota antar provinsi (AKAP) di terminal induk kota Bekasi mengalami kenaikan, namun hal itu tak diikuti dengan kenaikan jumlah penumpang.

Aji Santoso, Karyawan Agen PO Murni Jaya mengatakan menjelang lebaran tahun ini jumlah penumpang yang menggunakan bus untuk mudik lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu.

Aji menerangkan semakin ke sini jumlah penumpang makin sulit diprediksi. Tahun lalu PO Murni Jaya kekurangan armada untuk mengangkut penumpang, tahun ini justru banyak bus yang sudah disediakan justru tidak berangkat.

"Untuk yang jadwal berangkat malam, kami sudah tambah 10 bus malah enggak ada yang berangkat. Tiap hari jadi cuma keluar [jalan] 1 bis," jelasnya kepada Bisnis, Kamis (30/5/2019).

Perkiraan Aji tahun ini penumpang baru akan ramai pada H-5 sampai H-3 Lebaran atau pada 31 Mei sampai 1 Juni. Pada saat itu, diprediksi PO Murni Jaya bisa memberangkatkan 2-3 bus sehari.

Senada, Ningsih, Karyawan PT Sinar Jaya Megah Langgeng Bekasi mengatakan menjelang lebaran ini, Sinar Jaya menurunkan sekitar 15 bus untuk jadwal perjalanan pukul 05.00 - 09.00 WIB, sedangkan untuk keberangkatan siang di atas pukul 13.00 WIB bisa mencapai 20 bus. 

Menurut Ningsih, jumlah itu lebih sedikit dari tahun sebelumya. Hal itu diiringi jumlah penumpang sepekan sebelum lebaran yang cenderung lebih sedikit di andingkan tahun lalu. 

"Ini mungkin karena liburan sekolah sama karyawan bareng, kalau tahun kemarin kan libur sekolah dulu baru libur karyawan, jadi cutinya panjang, penumpang lebih banyak," ungkap Ningsih. 

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Rayful Mudassir, Aziz Rahardyan, Mutiara Nabila, Wibi Pangestu Pratama, Ni Putu Eka Wiratmini)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jelajah Jawa-Bali

Program Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali 2019 ini didukung oleh:
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., PT Waskita Karya (Persero) Tbk., PT Suzuki Indomobil Sales, PT Telekomunikasi Selular, PT Astra International Tbk. - Isuzu Sales Operation, PT Mitra Pinasthika Mustika Rent, PT XL Axiata Tbk., PT Astra Toll Nusantara, Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), PT Astra Honda Motor, PT Samsung Electronics Indonesia, dan PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir.

Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top