Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Lebaran, Pabrik CPO di Mukomuko Tutup Mulai 31 Mei

Pabrik minyak sawit mentah atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan tutup atau berhenti beroperasi membeli tandan buah segar kelapa sawit petani di daerah ini terkait libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mulai Jumat (31/5/2019).
Pabrik CPO/Antara
Pabrik CPO/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pabrik minyak sawit mentah atau CPO di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan tutup atau berhenti beroperasi membeli tandan buah segar kelapa sawit petani di daerah ini terkait libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah mulai Jumat (31/5/2019).

"Pabrik sawit PT Sentosa Sejahtrera Sejati yang pertama kali tutup yakni hari Jumat (31/5/2019) dan buka lagi pada 10 Juni 2019,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Jumat (24/5/2019).

Ia mengatakan hal itu setelah menerima jadwal pabrik tutup dan penerimaan tandan buah segar kelapa sawit (TBS) kembali dalam rangka libur Idulfitri 1440 H dari sembilan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.

Kemudian sebanyak enam pabrik minyak kelapa sawit lain yakni PT Bumi Mentari Karya, PT Usaha Sawit Mandiri, PT Mukomuko Indah Lestari, PT Karya Sawitindo Mas, PT Gajah Sawit Sakti dan PT Karya Agro Sawitindo tutup mulai Ahad (2/6/2019) dan buka lagi pada 10 Juni 2019.

Sedangkan dua pabrik minyak kelapa sawit yakni PT Daria Dharma Pratama dan PT Surya Andalan Pritama berhenti beroperasi mulai hari Senin (3/6) dan buka lagi pada 10 Juni 2019.

Ia mengatakan masih ada dua pabrik minyak kelapa sawit yakni PT Sapta Sentosa Jaya Abadi dan PT Agro Mitra Karya yang belum menyerahkan jadwal pabrik tutup menerima buah sawit.

Untuk itu, ia menyarankan petani setempat agar segera menjual hasil panen tandan buah segar kelapa sawit sebelum pabrik CPO tersebut berhenti beroperasi menjelang Idulfitri tahun ini.

"Petani di daerah ini masih punya kesempatan beberapa hari ke depan untuk menjual tandan buah segar kelapa sawit ke pabrik CPO di daerah ini," ujarnya.

Ia menyatakan hingga kini belum banyak mobil dump truck atau truk jungkit yang mengangkut TBS kelapa sawit antrean menjual buah sawit ke sejumlah pabrik CPO di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper