Bantu Nelayan Bagian Timur, Garuda Buka Rute Kargo ke Asia Timur

PT Garuda Indonesia Tbk. turut membantu nelayan di Indonesia bagian Timur untuk melakukan pengiriman produksinya ke Asia Timur via kargo udara.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  19:47 WIB
Bantu Nelayan Bagian Timur, Garuda Buka Rute Kargo ke Asia Timur
Ilustrasi - Nelayan tradisional mencari ikan dengan menggunakan alat tangkap pukat darat di pantai Kutaraja, Banda Aceh, Aceh, Rabu (10/1). - ANTARA/Irwansyah Putra

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. turut membantu nelayan di Indonesia bagian Timur untuk melakukan pengiriman produksinya ke Asia Timur via kargo udara.


Direktur Utama Garuda Indonesia IGN Askhara Danadiputra mengatakan, pihaknya telah membuka rute penerbangan khusus kargo dari Makassar ke dua kota di China yakni Guangzhou dan Shenzhen, hingga Tokyo di Jepang.


"[Program Ini sangat membantu sekali nelayan di Indonesia Timur, karena sebelumnya dikuasai tengkulak dan harus ke Jakarta dulu. Ini kan tidak efektif," kata Askhara di Gedung DPR, Selasa (21/5/2019).


Dia menambahkan, harga produk nelayan di tengkulak biasanya hanya dihargai Rp50.000 per kg. Sementara itu, apabila bisa langsung dijual ke Jepang bisa untung jutaan rupiah.


Pihaknya menjelaskan, pengiriman yang dilakukan Garuda tidak menggunakan prosedur pembekuan yang menyebabkan ikan mati. Ikan hanya dibuat pingsan sementara, sehingga sampai di tempat tujuan masih hidup dan segar.


Menurutnya, ikan yang bisa dikirimkan dalam kondisi segar dan hidup bisa meningkatkan harga jual antara empat hingga lima kali.


"Ini akan gencar kami tawarkan ke nelayan maupun pengusaha setempat agar ikan tidak perlu dikirimkan ke Jakarta dulu. Dampaknya, nelayan bisa mendapatkan pendapatan yang lebih baik," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
garuda indonesia, nelayan

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top