Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertama Kali Sejak Diresmikan, Istiqlal Direnovasi

Fungsi Masjid Istiqlal tidak akan terhambat selama proses renovasi berlangsung. Di samping itu, renovasi juga tidak akan mengubah struktur masjid karya arsitek Frederich Silaban ini.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 16 Mei 2019  |  11:12 WIB
Masjid Istiqlal/JIBI - BINIS/Gloria Fransisca Katharina Lawi
Masjid Istiqlal/JIBI - BINIS/Gloria Fransisca Katharina Lawi

Bisnis.com, JAKARTA --- Pemerintah secara resmi memulai renovasi Masjid Istiqlal, 41 tahun sejak diresmikan pada 1978. Proses renovasi dijadwalkan rampung pada Maret 2020.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan renovasi Masjid Istiqlal merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo pada tahun lalu selepas menerima kunjungan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Dia menyebut, Masjid Istiqlal belum pernah direnovasi secara menyeluruh sejak pertama kali dibuka pada 1978.

"Mudah-mudahan dalam rentang 10 bulan ke depan [renovasi] dituntaskan sehingga Maret 2020 Masjid ini sudah memiliki penampilan yang lebih baik," ujarnya selepas penandatanganan kontrak paket renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

PT Waskita Karya Tbk. telah ditetapkan sebagai pemenang lelang yang diadakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR). Anggaran renovasi berasal dari APBN tahun jamak 2019-2020.

Sebagai pemenang lelang, Waskita akan mengerjakan paket renovasi dengan nilai kontrak Rp465 miliar. Adapun lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal mencakup penataan kawasan, arsitektur, interior, renovasi sistem mechanical, electrical, & plumbing (MEP), dan signage.

Lukman mengimbuhkan, fungsi Masjid Istiqlal tidak akan terhambat selama proses renovasi berlangsung. Di samping itu, renovasi juga tidak akan mengubah struktur masjid karya arsitek Frederich Silaban ini.

Berdasarkan laman resmi pengelola Masjid Istiqlal, masjid yang mulai dibangun pada 1961 ini mampu menampung 200.000 jemaah. Masjid Istiqlal juha memiliki kubah utama berdiameter 45 meter dan ditopang 12 pilar besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masjid istiqlal
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top