Inalum Berpeluang Jadi Pesaing Industri Tengah Aluminium

Selain meningkatkan kapasitas produksi, PT Inalum juga mengembangkan diversifikasi produk. Selain slab, Inalum juga berencana untuk memproduksi kawat aluminium.
Annisa Sulistyo Rini | 15 Mei 2019 20:50 WIB
Kawat aluminium. - foto ybmagnetwire.com

Bisnis.com, JAKARTA - Selain meningkatkan kapasitas produksi, PT Inalum juga mengembangkan diversifikasi produk. Selain slab, Inalum juga berencana untuk memproduksi kawat aluminium.

Direktur PT Tembaga Mulia Semanan Tbk. Herry Cahyo Tri Yuniarto menuturkan, jika Inalum akan melakukan diversifikasi untuk membuat kawat aluminium, Inalum dapat menjadi kompetitor bagi industri tengah aluminium.

“Kemarin kami ketemu sama direksi Inalum [dan] kami sampaikan [keresahan kami]. Mereka masih postpone, ditunda dulu [diversifikasi kawat aluminium tersebut],” ujarnya, Rabu (15/5/2019).

Herry menambahkan perseroan akan meningkatkan kapasitas produksi perseroan pada tahun ini yakni sebesar 5% dari produksi kawat tembaga. Seperti diketahui, perseroan memproduksi bahan baku untuk industri kabel yaitu kawat aluminium, kawat tembaga, aluminium rod, dan copper rod.

Secara konsolidasi, perseroan dapat memproduksi 187.000 ton per tahun bahan baku industri kabel dengan uraian 100.000 ton copper rod, 30.000 kawat tembaga, 55.000 aluminium rod, dan 2.000 kawat aluminium.

Direktur Independen PT Tembaga Mulia Semanan Tbk. Hengky Kartasasmita berujar, rencana Inalum untuk memproduksi kawat aluminium maupun aluminium rod masih dalam tahap studi. Di samping itu, produksi alloy dan billet oleh Inalum tidak memiliki dampak langsung terhadap produksi perseroan.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inalum, Kawat Aluminium

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup