JAS Serius Jadikan Kertajati Pusat Kargo E-Commerce

PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) sangat serius menjadikan Bandar Kertajati atau BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) sebagai pusat kargo e-commerce.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Mei 2019  |  19:53 WIB
JAS Serius Jadikan Kertajati Pusat Kargo E-Commerce
Sigit Muhartono,Direktur Umum PT Jasa Angkasa Semesta (JAS). - Bisnis/Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com,BANDUNG— PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) sangat serius menjadikan Bandar Kertajati atau BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) sebagai pusat kargo e-commerce.

Direktur Umum  JAS Sigit Muhartono menilai Bandara Kertajati, Majalengka tepat jika dijadikan bandara pusat kargo e-commerce

Menurutnya masih sepinya penumpang ke Kertajati bisa disiasati dengan mengaktifkan terlebih dahulu penerbangan kargo.

“Kalau lihat arus barang yang masuk ke Indonesia, Kertajati itu tepat di tengah-tengah, dari Jakarta, Jabodetabek dan bagian Barat Jawa Tengah,” paparnya usai bertemu dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya jika kargo dipusatkan di Kertajati, maka barang yang masuk via udara lewat Jakarta secara operasional bisa lebih efisien.

Dia mencontohkan selama ini barang yang turun di Jakarta butuh waktu lama untuk mengirimkannya kembali.

“Kalau volume semua [masuk] di Jakarta bisa menumpuk. Di Kertajati, barang masuk [gudang] untuk kita hubungkan lewat air hub oleh pesawat angkut,” ujarnya.

Sigit menuturkan lahan sekitar 20 hektar yang disiapkan di Kertajati cukup potensial guna menampung arus barang yang dikirim oleh perusahaan-perusahaan raksasa e-commerce. Lahan tersebut dinilai cukup memulai penetapan e-commerce hub Indonesia.

“Klien kami nama-nama besar, Lazada, Alibaba, Tokopedia dan sebagainya. Kita coba dulu,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara kertajati, JAS-Jasa Angkasa Semesta, bijb

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top