Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Agar Penumpang Makin Senang Naik Bus, Terminal Tirtonadi Dipermak

Kemenhub) bekerja sama dengan Bank Mandiri melakukan penataan fasilitas yang ada di Terminal Tirtonadi.
Ilustrasi - Terminal Tirtonadi, Surakarta. /Hino
Ilustrasi - Terminal Tirtonadi, Surakarta. /Hino

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa dengan penataan dan perbaikan yang dilakukan di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, diharapkan minat masyarakat untuk dapat menggunakan moda transportasi bus, khususnya pada saat Angkutan Lebaran 2019 ini kian meningkat.


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerja sama dengan Bank Mandiri melakukan penataan fasilitas yang ada di Terminal Tirtonadi. Kerja sama ini meliputi penataan fisik terminal seperti pintu masuk gerbang bus, pintu masuk penumpang, penataan informasi digital, dan kios-kios.


Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa penataan Terminal Tirtonadi ini tetap perlu dilakukan beberapa tahap agar mendapatkan hasil yang maksimal ke depannya.


"Saya ingatkan untuk tenant-tenant yang ada nantinya harus bervariasi dan terseleksi dengan baik, kemudian tetap perlu dilakukan promosi-promosi agar lebih membuat masyarakat tertarik,” ujarnya, dalam keterangan resmi, Minggu (5/5/2019).


Penataan tersebut menjadi bagian dari Kesiapan Terminal Tirtonadi menghadapi Angkutan Lebaran 2019. Dia menilai bahwa moda transportasi bus paling banyak ke wilayah Joglosemar [Jogja, Solo dan Semarang].


"Saya mencermati bus menjadi suatu pilihan bagi warga Jawa Tengah karena keunggulannya yang bisa titik ke titik," ujarnya.


Menhub mengajak para pemudik agar tidak menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, melainkan dapat memanfaatkan angkutan umum. Dia sudah meminta kepada para operator bus untuk memastikan busnya dalam kondisi laik dan bersih.


“Jangan sampai ada bus yang kursinya robek-robek, tidak bersih, nanti orang enggak ada yang mau naik. Untuk memastikan kelaikan, para operator bus kami minta untuk melakukan self assesment. Ditambah, tim kami akan terjun untuk melakukan ramp check secara random,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper