Layanan Drone Google Raih Izin Operasi sebagai Maskapai Penerbangan

Layanan pengiriman via drone, Wing, milik induk usaha Google, Alphabet Inc, resmi mendapat izin Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat untuk beroperasi sebagai maskapai penerbangan.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 25 April 2019  |  13:26 WIB
Layanan Drone Google Raih Izin Operasi sebagai Maskapai Penerbangan
Drone Wing Aviation - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Layanan pengiriman via drone, Wing, milik induk usaha Google, Alphabet Inc, resmi mendapat izin Otoritas Penerbangan Federal Amerika Serikat untuk beroperasi sebagai maskapai penerbangan.

Mengutip BBC dan Reuters, Kamis (25/4/2019), dengan izin tersebut Wing secara legal dapat memulai layanan komersial pengiriman barang-barang dari bisnis lokal ke rumah-rumah via drone. Wing Aviation berencana memulai pengiriman paket komersial di Blacksburg, Virginia, akhir tahun ini.

Untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, Wing membuktikan bahwa pengiriman via drone-nya membawa risiko yang lebih rendah untuk pejalan kaki daripada pengiriman lewat mobil.

Otoritas Penerbangan Federal AS (Federal Aviation Administration/FAA) menyatakan, sertifikasi Wing berlaku untuk 2 tahun. Satu pilot dapat mengoperasikan hingga lima drone sekaligus dan hanya pada siang hari. Drone tidak dapat membawa bahan berbahaya atau melayang di atas orang.

Wing menyatakan, jenis barang yang dapat dikirim via drone meliputi makanan dan obat-obatan.

Meskipun layanan pengiriman drone perusahaan lain telah menerima persetujuan untuk uji penerbangan, Wing adalah yang pertama disetujui sebagai maskapai penerbangan di Amerika Serikat. Dengan status maskapai, perusahaan drone akan tunduk pada peraturan yang sama dengan penerbangan charter, yang memungkinkannya mengirimkan kargo dan menempuh jarak lebih jauh daripada perusahaan drone lainnya.

Wing baru-baru ini memulai layanan pengiriman udara komersial di utara Canberra, Australia. Wing juga akan memulai uji coba pertamanya di Eropa dengan melakukan pengiriman ke rumah-rumah di Helsinki, Finlandia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
google, Drone

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top