ALFI : Presiden RI Terpilih Harus Tetap Dukung Infrastruktur Logistik

ALFI berharap proses Pemilu Serentak 2019 bisa berjalan lancar dan presiden terpilih bisa bekerja lebih baik lagi.
Rinaldi Mohammad Azka | 18 April 2019 08:47 WIB
Ilustrasi - Kendaraan melintas di jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Desa Tampingmojo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (21/1/2019). - ANTARA/Syaiful Arif

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Asosiasi Logistik Forwarding Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan bahwa para pengusaha di sektor logistik berharap proses Pemilu Serentak 2019 bisa berjalan lancar dan presiden terpilih bisa bekerja lebih baik lagi.

"Satu kami harapkan Pemilu berjalan dengan lancar dan aman, itu yang pertama. Kedua, tentunya untuk presiden terpilih bisa lebih baik lagi. Bagaimana bisa mengoptimalisasi infrastruktur yang bisa mendukung kegiatan logistik termasuk sisi moda transportasinya," tuturnya kepada Bisnis,  Rabu (17/4/2019).


Menurutnya, masih banyak perkerjaan rumah, mata rantai pasok, ekspor kita agar lebih berdaya saing, kita harapkan banyak investasi baru, masuknya jauh lebih dimudahkan. Tentunya diharapkan dengan investasi baru ini bisa menumbuhkan pertumbuhan ekonomi kita, dari posisi 5,2% jadi 6% bahkan 7%.


"Kami sudah sejak lama mengusulkan. Saya berikan ilustrasi bahwa pemerintah Thailand 10--20 tahun lalu membentuk badan khusus transportasi dan logistik di dalamnya. Badan ini bukan bersifat tetap, tapi adhoc. Di dalam badan itu sendiri, logistik keterkaitan antarlembaga, harus membentuk visi yang sama, mengembangkan mata rantai pasok. Thailand sejak 15 tahun ini nomor dua untuk indeks kinerja logistik di Asean," paparnya.


Saat ini, kontribusi ekonomi kawasan Asean berada pada nomor 6 dunia, yang dalam 5--10 tahun ke depan. "Asean diharapkan bisa masuk nomor 4. Jangan sampai kue tidak kita nikmati," ucap Yukki.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
presiden, logistik, alfi

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top