Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jusuf Kalla Resmikan Rusun Sewa Mahasiswa Malang

Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan salah satu rusun hasil dari proyek pemerintah untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan infrastruktur.
Jusuf Kalla Menandatangani Batu peresmian Rusunawa Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang Sabtu, (6/5/2019)
Jusuf Kalla Menandatangani Batu peresmian Rusunawa Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Malang Sabtu, (6/5/2019)

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla meresmikan salah satu rusun hasil dari proyek pemerintah untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan infrastruktur.

Menurutnya, penyediaan hunian layak bagi mahasiswa berupa rumah susun (Rusun) dapat meningkatkan kenyamanan mahasiswa dalam belajar, selain itu, hal ini bertujuan untuk mencegah lingkungan kumuh di sekitar kawasan Kampus.

Rusun yang diresmikan adalah Rusun Sewa Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan tinggi empat lantai berkapasitas 50 unit tipe 24 yang dapat menampung sebanyak 196 mahasiswa.

Tak hanya itu, Jusuf Kalla juga mengapresiasi spirit dan ide yang dimiliki oleh UMM dalam mendorong riset mahasiswa di perguruan tinggi dan mengapresiasi sikap penghuni kampus UMM yang sangat menjunjung tinggi keberagaman.

Sementara dalam kesempatan yang lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengingatkan agar para penghuni Rusun dapat menyesuaikan diri, sebab tinggal di hunian vertikal berbeda dengan rumah tapak. Salah satu kuncinya, kata Basuki, ialah sikap toleransi.

"Tinggal di Rusun akan mengubah cara hidup kita. Harus banyak empati agar tinggal di rusun juga nyaman," kata Menteri Basuki beberapa waktu lalu.

Rusunawa Mahasiswa UMM berlokasi di Jalan Raya Tlogomas, Kelurahan Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dibangun dengan anggaran Rp 10,6 miliar. “Saya berharap mahasiswa yang tinggal di Rusunawa ini bisa lebih semangat dalam belajar. Apalagi biaya sewanya lebih murah daripada kos di luar kampus," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Fauzan,menyatakan sangat mengapresiasi dukungan Kementerian PUPR di sektor pendidikan melalui pembangunan Rusunawa.

"Saya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang dipimpin Bapak Basuki yang telah memperhatikan hunian bagi mahasiswa UMM dengan memberikan bantuan pembangunan Rusunawa ini," katanya.

Adapun Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, Kementerian PUPR telah membangun 46 Tower Rusunawa di Jawa Timur. Sebanyak 27 tower di bangun oleh Satker Pengembangan Perumahan dan 19 tower oleh Satker Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur.

"Rusunawa yang dibangun tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa, pekerja, masyarakat berpenghasilan rendah, ASN, dan santri di Ponpes," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Putri Salsabila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper