Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Resmikan Kapal Roro Motor Penumpang Ihan Batak di Danau Toba

Pemerintah meresmikan Kapal Roro Motor Penumpang Ihan Batak sebagai salah satu transportasi penghubung Ajibata-Ambarita di Danau Toba, Sumatra Utara.
Ilustrasi kapal roro./Wikipedia
Ilustrasi kapal roro./Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah meresmikan Kapal Roro Motor Penumpang Ihan Batak sebagai salah satu transportasi penghubung Ajibata-Ambarita di Danau Toba, Sumatra Utara.
 
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan Kapal Roro Motor Penumpang (KMP) Ihan Batak merupakan bentuk perhatian pemerintah akan wisata yang ada di Danau Toba.
 
Danau Toba merupakan salah satu bagian dari Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut) yang menjadi prioritas pemerintah untuk dikembangkan.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub), khususnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang terus berkomitmen untuk meningkatkan konektivitas dan keselamatan transportasi yang ada di wilayah Danau Toba ini," paparnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (2/3/2019).
 
Luhut juga meminta kepada masyarakat sekitar Danau Toba untuk terus menjaga kebersihan danau tersebut agar keindahannya terus terjaga.
 
"Pemerintah akan terus mengembangkan daerah sekitar Danau Toba untuk memaksimalkan wisata Danau Toba. Jangan sampai kotor lagi," ujarnya.
 
KMP Ihan Batak Kapal yang melayani rute Ajibata-Ambarita ini mempunyai volume 300 GT dan mesin induk 2x800 hp. Pembuatan KMP Ihan Batak membutuhkan waktu selama 15 bulan yakni Agustus 2017-November 2018 dan akan dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero).
 
Kapal ini berkapasitas penumpang 280 orang, kendaraan campuran sebanyak 32 unit, serta ABK 10 orang.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Agus H. Purnomo, Wakil Bupati Toba Samosir Hulman Sitorus, Dirut ASDP Ira Puspadewi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper