Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lapor SPT : Baru 1,2 Juta WP Yang Lapor Via E-Filing

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mencatat sampai Minggu kemarin sebanyak 1,2 juta wajib pajak telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT).
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  20:40 WIB
Petugas menjelaskan cara membuat pelaporan SPT Tahunan PPh Pajak Orang Pribadi dengan sistem online (E-Filing) kepada wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Madya Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (28 - 3).Antara/Reno Esnir
Petugas menjelaskan cara membuat pelaporan SPT Tahunan PPh Pajak Orang Pribadi dengan sistem online (E-Filing) kepada wajib pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Madya Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (28 - 3).Antara/Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mencatat sampai Minggu kemarin sebanyak 1,2 juta wajib pajak telah melaporkan surat pemberitahuan (SPT).

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menjelaskan bahwa angka ini belum merepresentasikan jumlah WP yang telah lapor SPT. Pasalnya, penyampaian SPT secara manual belum diketahui berapa jumlah WP yang masih memanfaatkannya.

"Baru yang e-filing, karena yang manual sumber datanya berbeda," kata Yoga di Jakarta, Senin (25/2/2019).

Yoga menjelaskan, awal Maret nanti otoritas pajak akan melakukan pembaruan data untuk mengetahui jumlah wajib pajak yang telah melaporkan SPT.

"Nanti di awal Maret meningkat pesat, biasanya begitu," ungkapnya.

Dalam catatan Bisnis, target kepatuhan formal wajib pajak pada 2019 tetap berada di angka 80% dari jumlah WP yang wajib menyampaikan surat pemberitahuan (SPT). Kendati belum final, namun angka itu dipilih karena tahun lalu rasio kepatuhan formal WP tercatat anjlok.

Jumlah WP yang tercatat pada tahun 2019 sekitar 43 juta dengan 18 juta atau 39% dari total WP wajib menyampaikan SPT. Dengan total WP yang wajib SPT sebanyak 18 juta, target WP yang wajib lapor SPT sebanyak 14,4 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak spt
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top