Produksi Baja Nirkabel Dunia Meningkat, Ini Sektor Pengguna Terbesar

Produksi baja nirkarat dunia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan permintaan. Sektor industri apa saja yang menjadi konsumen stainless steel ini?
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 25 Februari 2019  |  18:30 WIB
Produksi Baja Nirkabel Dunia Meningkat, Ini Sektor Pengguna Terbesar
Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Produksi baja nirkarat dunia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan permintaan. Sektor industri apa saja yang menjadi konsumen stainless steel ini?

Berdasarkan data International Stainless Steel Forum (ISSF), produksi baja nirkarat pada 2017 mencapai 48,08 juta ton atau meningkat 5,03% dibandingkan dengan capaian pada tahun sebelumnya yang mendekati 45,78 juta ton.

Seperti dikutip Grand View Researc, nilai pasar baja nirkarat global bernilai pada 2016 sebesar US$85,45 miliar dan diperkirakan akan meningkat dengan laju pertumbuhan majemuk tahunan sebesar 5,2%.

Peningkatan R&D dalam pembuatan baja tahan karat untuk meningkatkan daya tahan, ketahanan korosi, dan kekuatan diproyeksi mendorong pertumbuhan. Meningkatnya permintaan dari industri pengguna akhir juga diperkirakan akan meningkatkan pasar selama periode perkiraan.

Pasar diharapkan untuk menyaksikan pertumbuhan tinggi karena peningkatan substansial dalam industri mobil dan bangunan dan konstruksi. Meningkatnya permintaan mobil di negara berkembang, seperti India dan China, kemungkinan akan menjadi pendorong utama bagi pasar.

Selain itu, peraturan tentang keamanan pangan diharapkan untuk mendorong pertumbuhan industri. Grade 316 disebut sebagai stainless steel food grade dan sebagian besar digunakan dalam pembuatan peralatan dan mesin yang digunakan di dapur.

Berikut ini adalah sektor pengguna terbesar:

- Produk baja, 37,5%
- Rekayasa mekanikal, 28,3%
- Konstruksi, 12,3%
- Otomotif, 9,4%
- Mesin elektrikal, 7,6%
- Sektor transportasi lain, 4,9%

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Baja Nirkarat

Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top