Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Ini, ESDM Pasang 20.000 Lampu Jalan Bertenaga Surya

Tahun lalu, jumlah PJU-TS terpasang sebanyak 21.864 titik dengan anggaran sebesar Rp416 miliar
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 08 Februari 2019  |  22:35 WIB
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi - Istimewa
ESDM pasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi - Istimewa

Bisnis.com, TONDANO — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan memasang sekitar 20.000 titik lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga-Surya di seluruh Indonesia pada tahun ini.

Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Rida Mulyana mengatakan bahwa target pemasangan PJU-TS mempertimbangkan usulan daerah melalui DPR ataupun secara langsung.

Pemasangan di setiap daerah tidak sama dan akan disesuaikan dengan ketersediaan lampu penerangan yang ada atau sambungan listrik PT PLN.

Tahun lalu, jumlah PJU-TS terpasang sebanyak 21.864 titik dengan anggaran sebesar Rp416 miliar

"Total selama ini sudah menbus 35.000 titik, tahun ini kami tambah 20.000 titik. Targetnya berapa lagi, tergantung sekali kebutuhan," katanya di Sonder, Minahasa, Jumat (8/2/2019).

Rida mengungkapkan bahwa pemasangan PJU-TS setidaknya memakan biaya senilai Rp20 juta per unitnya. Nilai pengerjaan infrastruktur penerangan jalan tahun ini, lanjutnya, lebih murah dibandingkan dengan 2015. Saat itu, per unitnya menghabiskan Rp25 juta.

Rida mengatakan bahwa saat ini dikarenakan ada peningkatan teknologi dan variasi produk sehingga harganya lebih terjangkau.

Sulawesi Utara, setidaknya mendapatkan alokasi pemasangan PJU-TS sebanyak 300 titik disebar ke Minahasa Selatan sebanyak 99 titik, Minahasa (141 titik), Manado (24 titik), Kotamobagu (17 titik), dan Bolaang Mongondow (19 titik).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lampu jalan tenaga surya penerangan jalan umum pju
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top