Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wacana Sepeda Motor Masuk Tol, Kemenhub Kembali Menegaskan Izin Belum Mendesak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali menyatakan kebijakan mengenai sepeda motor supaya diizinkan melintas di jalan tol belum mendesak pada saat ini.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 29 Januari 2019  |  16:25 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai sepeda motor dalam kegiatan Milenial Safety Riding bersama komunitas biker di Palembang. - Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai sepeda motor dalam kegiatan Milenial Safety Riding bersama komunitas biker di Palembang. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali menyatakan kebijakan mengenai sepeda motor supaya diizinkan melintas di jalan tol belum mendesak pada saat ini.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menhub ketika ditanya oleh jurnalis di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/1/2019) soal kemendesakan sepeda motor masuk jalan tol.

"Kalau menurut saya belum urgent [penting]. Karena kita juga harus menimbang antara kebaikan dan masalahnya sendiri," kata Budi.

Budi Karya menjelaskan pihaknya akan mempelajari aturan dan pengalaman di dunia internasional mengenai usulan tersebut. Menurutnya, perlu berhati-hati dalam menghadapi wacana ini.

"Tapi ada satu fakta bahwa [penggunaan] motor itu resiko. Resiko berkaitan dengan keselamatan. Sekarang ini 70% kecelakaan itu karena motor. Jadi memang motor itu kita harus hati-hati melakukannya," tegasnya.

Seperti diketahui, usulan mengenai sepeda motor supaya diperbolehkan masuk jalan tol dilontarkan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. Menurutnya, pengguna sepeda motor memiliki hak yang sama dengan pengguna mobil dalam menggunakan jalan tol karena mereka juga membayar pajak.

Pada saat ini, sebagian besar jalan tol di Indonesia hanya diperuntukkan bagi kendaraan jenis tertentu seperti mobil, truk, bus dan sebagainya. Sepeda motor dilarang masuk jalan tol, kecuali di jalan tol Bali-Mandara di Bali yang menyediakan jalur khusus sepeda motor.

Budi mengatakan pihaknya akan mendiskusikan mengenai usulan ini, termasuk dengan Bambang Soesatyo. "Jadi saya hati-hati untuk menetapkan [kebijakan ini] karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak," katanya.

Secara regulasi, sepeda motor memang diperkenankan masuk ke dalam jalan tol, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 44/2009 tentang Jalan Tol. PP tersebut mengubah aturan sebelumnya PP No.15/2005 dan memperbolehkan sepeda motor masuk jalan tol dengan persyaratan khusus.

Pasal 38 Ayat (1a) dari PP itu berbunyi, "Pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub
Editor : Hendra Wibawa

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top