Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penerbangan Langsung Denpasar-Auckland, Apa Untungnya Buat Bali?

Langkah agresif maskapai Emirates yang membuka penerbangan langsung dari Denpasar ke Auckland pada Juni tahun lalu diyakini dapat mengakselerasi kunjungan turis dari Selandia Baru ke Indonesia, khususnya destinasi Bali.
Chamdan Purwoko
Chamdan Purwoko - Bisnis.com 22 Januari 2019  |  16:39 WIB

Bisnis.com, AUCKLAND — Langkah agresif maskapai Emirates yang membuka penerbangan langsung dari Denpasar ke Auckland pada Juni tahun lalu diyakini dapat mengakselerasi kunjungan turis dari Selandia Baru ke Indonesia, khususnya destinasi Bali.

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengatakan, pembukaan penerbangan langsung setiap hari oleh maskapai Emirates dengan rute Denpasar—Auckland dipastikan berkontribusi signifikan dalam peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dari Negeri Kiwi ke Tanah Air, begitu pula juga sebaliknya.

Menurutnya, kini para wisatawan dari Selandia Baru memiliki alternatif penerbangan untuk berwisata ke Pulau Dewata.

“Sejauh ini memang belum tersedia datanya [kenaikan jumlah kunjungan wisman Selandia Baru ke Bali], tetapi saya yakin ke depan akan ada kenaikan kunjungan turis dari Selandia Baru yang cukup signifikan,” ujar Tantowi Yahya kepada Bisnis.com, Senin (21/1/2019).

Beberapa waktu, Tantowi Yahya menyatakan optimistis jumlah turis Selandia Baru ke Indonesia akan tembus 200.000 orang atau meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pencapaian 2018 yang mencapai sekitar 110.000 turis. Pada 2017, jumlah turis New Zealland (NZ) yang datang ke Indonesia masih 60.000 orang.

Optimisme tersebut disampaikan Tantowi saat bertemu dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Wellington, Desember 2018.

Sebaliknya, turis Indonesia yang berkunjung ke Selandia Baru juga mengalami peningkatan meskipun belum signifikan jumlahnya, yakni dari sekitar 20.000 orang pada 2017 menjadi 30.000 orang pada 2018.

“Beberapa alasan turis Indonesia belum banyak tertarik mengunjungi Selandia Baru karena jaraknya yang cukup jauh, sulit mendapatkan visa dan kurangnya promosi mereka [NZ] di Indonesia,” ujarnya.

Adanya peningkatan turis Selandia Baru ke Indonesia sepanjang 2018, lanjut Tantowi, semakin memacu KBRI di Wellington untuk lebih agresif melakukan promosi dengan cara yang inovatif dan konkret.

Salah satunya dilakukan dengan mendorong masyarakat dan mahasiswa Indonesia di Selandia Baru untuk ikut mempromosikan destinasi wisata Indonesia melalui media sosial.

“Di samping itu, kami juga mengubah desain kantor KBRI menjadi ‘Rumah Indonesia’ di mana kehebatan berbagai daerah di Indonesia kami display di berbagai ruangan yang ada. KBRI sudah menjadi ruang pamer Wonderful Indonesia,” jelas Tantowi.

Selain pariwisata, lanjut Tantowi, pembukaan penerbangan langsung Denpasar—Auckland oleh Emirates diyakini akan membantu mendorong peningkatan perdagangan bilateral di antarkedua negara, karena para pengusaha kini dapat dengan mudah melakukan perjalanan bisnis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emirates
Editor : Wike Dita Herlinda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top