Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua F-16 TNI AU Paksa Pesawat Kargo Ethiopian Airlines ET-AVN Mendarat di Batam

Dua pesawat tempur F-16 Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru memaksa mendarat sebuah pesawat kargo jenis Boeing  777-200 milik Maskapai Ethiopian Air di Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (14/1/2019).
Pesawat kargo Boieng 777 milik Ethiopian Airliens bernomor registrasi ET-AVN. Foto: Jetphotos.com
Pesawat kargo Boieng 777 milik Ethiopian Airliens bernomor registrasi ET-AVN. Foto: Jetphotos.com

Bisnis.com, JAKARTA – Dua pesawat tempur F-16 Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin (RSN) Pekanbaru memaksa mendarat sebuah pesawat kargo jenis Boeing  777-200 milik Maskapai Ethiopian Air di Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (14/1/2019).

Berdasarkan pelacakan Bisnis dari data Flightradar24.com, pesawat Ethiopian Airlines ET-AVN itu memiliki nomor penerbangan ET3728 rute Addis Ababa (Ethiopia) menuju Hong Kong, namun harus mendarat di Batam.

Pesawat itu dijadwallkan mendarat di Hong Kong pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB


Sementara itu, Kantor berita Antara melaporkan Kasubdispenum Dispenau dalam keterangan resminnya yang diperkuat dengan pernyataan Komandan Skadron 16 Lanud RSN, Letkol Pnb Bambang di Pekanbaru, Senin siang (14/1/2019), membenarkan peristiwa tersebut.

Alasan pemaksaan turun (force down) tersebut karena pesawat Ethiopian Air telah memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia tanpa dilengkapi Flight Clearance (FC).

Pesawat kargo dengan nomor registrasi ET-AVN itu diketahui berangkat dari Addis Ababa, ibukota Ethiopia dengan tujuan Hong Kong, dan memasuki wilayah udara Indonesia tanpa bisa menyebutkan izin atau FC setelah dihubungi oleh otoritas navigasi udara Indonesia (AirNav) melalui komunikasi radio.

Kemudian, Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) segera memerintahkan dua pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin yang berkedudukan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk melakukan identifikasi visual dan penyergapan.

Pesawat F-16 dengan kode panggilan Rydder Flight yang diawaki oleh Kapten Pnb Barika dan Kapten Pnb Anang berhasil melakukan kontak visual dengan Boeing 777-200 ET-AVN dan melakukan komunikasi pada frekuensi darurat.

 Kemudian mereka memaksa pilotnya untuk mendaratkan pesawatnya di Bandara Hang Nadim Batam untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan oleh pihak TNI AU di Lanud Raja Haji Fisabillah, Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Pada pukul 09.33 WIB pesawat Boeing 777-200 ET-AVN mendarat di Batam disusul oleh dua pesawat F-16 TNI AU pada pukul 09.42 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper