Konsumsi dan Rasio Elektrifikasi Terus Ditambah

Pemerintah meningkatkan rasio elektrifikasi dan penyambungan listrik untuk desa yang ditunjukkan dengan rasio desa berlistrik.
Anitana Widya Puspa | 12 Januari 2019 00:33 WIB
Pekerja memasang jaringan kabel ke tower - Antara/Jojon

Bisnis.com, JAKARTA-- Pemerintah meningkatkan aksesibilitas listrik kepada masyarakat dengan memperluas penyambungan listrik untuk rumah tangga.

Langkah ini iitempuh dengan meningkatkan rasio elektrifikasi dan penyambungan listrik untuk desa yang ditunjukkan dengan rasio desa berlistrik.

Berdasarkan data kementerian ESDM, sampai dengan akhir 2018, rasio elektrifikasi telah mencapai 98,30% dan rasio desa berlistrik telah mencapai 99,38%.

Adapun pada 2019 target rasio elektrinkasi adalah sebesar 99,9% dan target rasio desa berlistrik adalah 100%.

Seiring dengan meningkatnya elektrifikasi, maka konsumsi listrik perkapita (kWh/kapita) juga menunjukan kenaikkan yang positif.

Sampai dengan akhir tahun 2018, konsumsi perkapita telah mencapai 1.064 kWh/kapita dari target sebesar 1.129 kWh/kapita dan pada 2019 target konsumsi listrik perkapita adalah sebesar 1.200 kWh/kapita.

Dalam upaya menciptakan tarif listrik yang terjangkau kepada masyarakat, pemerintah dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan bahwa tarif tenaga listrik tidak mengalami kenaikan sampai dengan triwulan I tahun 2019.

Tag : listrik, elektrifikasi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top