Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

The Fed Kemungkinan Tak Terlalu Dovish Pekan Depan

Bank Sentral AS (Federal Reserve) akan mengerek kembali suku bunga acuan (fed funds rate/FFR) dalam rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pekan depan.
/Reuters
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Bank Sentral AS (Federal Reserve) akan mengerek kembali suku bunga acuan (fed funds rate/FFR) dalam rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pekan depan.

Menurut ekonom yang disurvei Bloomberg, The Fed akan memperlambat kenaikan suku bunga pada tahun depan karena risiko terhadap ekonomi AS telah meningkat.

Para ekonom yang disurvei Bloomberg memperkirakan otoritas moneter AS tersebut menaikkan suku bunga sebesar 25 bps pada rapat kebijakan 18—19 Desember 2019.

“Selanjutnya, [The Fed] akan mengurangi jumlah kenaikan pada tahun depan, pada Maret dan September, dari kenaikan sebanyak tiga kali seperti yang diperkirakan [The Fed] pada September,” tulis hasil survei tersebut seperti dikutip Bloomberg, Jumat (14/12/2018).

Selain itu, median respon dari jajak pendapat yang dilakukan pada 7—11 Desember 2018 tersebut juga memperkirakan kenaikan FFR akan dilakukan sekali lagi pada pertengahan 2020, ketika tingkat suku bunga dinilai telah mencapai puncak siklus pengetatan di rentang 3,00%—3,25%.

Adapun hasil survei yang bernada dovish tersebut sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh para pejabat The Fed, termasuk Gubernur The Fed Jerome Powell, dalam beberapa pekan terakhir.

Pernyataan The Fed yang kurang agresif dan kekhawatiran yang terjadi di pasar keuangan sejak akhir September pun berhasil membebani pergerakan indeks acuan saham AS S&P 500 hingga lebih dari 9%. 

“Masih ada potensi ke atas (upside), tapi ada pelemahan sejumlah faktor [yang dapat memperlambat maupun mengancam untuk memperlambat ekonomi AS],” kata Scott Brown, Kepala Ekonom Raymond James di St. Petersburg, Florida, AS.

Dia memaparkan sejumlah indikator tersebut di antaranya adalah berkurangnya dampak stimulus fiskal AS, tensi dagang dengan AS, potensi keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) dengan tidak lancar, serta kemungkinan The Fed yang terlalu ketat membuat kebijakan moneter.

Berdasarkan tingkat probabilitas kenaikan suku bunga AS,  keyakinan investor saat ini telah mencapai lebih dari 70% bahwa The Fed akan benar menaikkan suku bunga pada pekan depan.

Selanjutnya, lebih dari setengah ekonom menyampaikan bahwa risiko (terhadap pertumbuhan dan inflasi) kini mulai bergerak ke bawah. Padahal, pada September, hanya 16% ekonom yang memiliki penilaian tersebut.

Kendati ada perubahan arah tersebut, ekonom tetap tidak memperkirakan pejabat The Fed dapat membuat pernyataan yang signifikan setelah FOMC terakhir pada tahun ini.

Sekitar 2 per 3 ekonom menilai The Fed akan tetap dengan pernyataannya, bahwa risiko jangka pendek terhadap outlook ekonomi masih seimbang.

Lebih lanjut, hanya 6% dari partisipan yang memperkirakan bahwa The Fed akan menyadari adanya risiko downside.

“Dari titik berdiri komunikasinya, The Fed tampaknya tidak ingin tampil terlalu dovish. Apa yang kita dengar selama 10 hari terakhir [dari pejabat Fed] sudah cukup,” ujarnya mengacu kepada pidato Powell dan Wakil Gubernur Fed Richard Clarida.

Selain itu, para ekonom yang disurvei juga memperkirakan The Fed akan mengeluarkan pembaruan perkiraan pertumbuhan, tenaga kerja, dan inflasi untuk periode tiga tahun ke depan dalam FOMC Desember

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper