Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruas Salatiga-Kartasura Kelar, Tol Semarang-Solo Siap untuk Libur Nataru

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan, jalan tol Semarang Solo segera dioperasikan. Pasalnya, ruas tol Salatiga-Kartasura bisa dilewati pada saat libur hari raya Natal dan tahun baru.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) saat meninjau tol Semarang-Solo di ruas Salatiga-Kartasura, Jumat (14/12/2018)./Bisnis-Alif Nazzala Rizqi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) saat meninjau tol Semarang-Solo di ruas Salatiga-Kartasura, Jumat (14/12/2018)./Bisnis-Alif Nazzala Rizqi

Bisnis.com, SOLO - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memastikan, jalan tol Semarang Solo segera dioperasikan. Pasalnya, ruas tol Salatiga-Kartasura bisa dilewati pada saat libur hari raya Natal dan tahun baru.

Untuk pembangunan ruas tol Salatiga - Kartasura membutuhkan waktu 2 tahun dan pemerintah mengelontorkan dana Rp3 triliun untuk membangun ruas tol tersebut. Sementara ruas tol Salatiga - Kartasura mempunyai panjang 32,6 kilometer. 

Adapun, jalan tol Semarang-Solo mempunyai panjang 72,6 kilometer dan merupakan salah bagian penting dalam tol trans jawa yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menuturkan jika ruas tol Salatiga-Kartasura bisa digunakan saat libur nataru. Sebab, pembangunan fisiknya sudah 100%. Sehingga, interkoneksi antar kota Semarang dan Solo bisa berjalan dengan lancar.

"Progres pembangunan jalan tol sudah 100%. Saat ini tinggal dipoles saja semua sudah siap mudah-mudahan tanggal 20 Desember nanti bisa diresmikan langsung oleh bapak Presiden Jokowi," kata Ganjar saat meninjau ruas tol Salatiga-Kartasura Jumat (14/12/2018). 

Ganjar menjelaskan, untuk ruas tol Salatiga - Kartasura akan dibangun 4 rest area yang bisa dipergunakan pengemudi untuk beristirahat. Ganjar juga telah meminta ijin kepada Kementrian PUPR dan Kementrian BUMN untuk membuat rest area sebaik mungkin di ruas tol tersebut.

Selain itu, jalan tol Semarang - Solo juga akan memangkas waktu tempuh yang biasanya lebih dari 2 jam kini tinggal 1,5 jam saja dengan adanya tol tersebut. 

"Kemarin saya sudah ujicoba secara fungsional menggunakan jalan tol Semarang - Solo waktu tempuh hanya 1,5 jam saja. Adanya jalan tol ini memangkas waktu tempuh sehingga perjalanan bisa lebih cepat," ujarnya. 

Ganjar juga memastikan kesiapan suplai BBM untuk penggunaan total Semarang - Solo pada arus natal dan tahun baru nanti. Menurut Ganjar pada prinsipnya suplai BBM pada arus padat seperti liburan panjang natal dan tahun baru ini tidak jauh beda penanganannya dengan arus mudik. 

"Kalau nanti sudah ujicoba mau natal ketika belum siap untuk dukungan (BBM) kita siapkan yang portabel. Kalau kerja ini SOP-nya sudah kita ujicoba berkali-kali. Maka dua tahun terkahir kalau kita bisa menyelenggarakan mudik bagus itu sudah jadi template kerja kita," katanya. 

Sementara itu lanjut Ganjar, pemerintah daerah harus memaksimalkan betul adanya tol baru Semarang - Solo. Menurutnya, Pemda setempat harus memaksimalkan sebaik mungkin adanya tol baru ini. 

Dia mengintruksikan, kepada Pemda setempat untuk mempromosikan wisata sepanjang jalur tol Semarang - Solo agar disinggahi wisatawan yang melintas.

"Kami menginginkan setelah adanya tol baru Semarang - Solo juga turut mendongkrak pariwisata. Ini tugas Pemda setempat untuk memaksimalkannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper