Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

120 Peserta Ikuti Market Sounding Proyek Proving Ground BPLJSKB Bekasi

Sebanyak 120 peserta mengikuti acara penjajakan minat pasar atau market sounding proyek pembangunan proving ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi.

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 120 peserta mengikuti acara penjajakan minat pasar atau market sounding proyek pembangunan proving ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan ke-120 peserta itu berasal dari investor, kontraktor, perbankan, lembaga keuangan, BUMN, BUMD, konsultan, maupun dari asosiasi terkait yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Menurutnya, proyek yang ditawarkan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) itu merupakan hasil kerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dia melanjutkan proyek kerja sama itu tidak lepas dari dorongan pemerintah untuk merealisasikan poin ke-7 Nawacita yaitu Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dengan Menggerakkan Sektor Strategis Ekonomi Domestik.

“Hal ini menjadi focal point Kementerian Perhubungan dalam memformulasikan kebijakan-kebijakan ketika dihadapkan dengan keterbatasan anggaran dalam menyediakan fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk pemenuhan standar pelayanan uji kendaraan,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (11/12/2018).

Proyek pembangunan proving ground memiliki fasilitas pengujian kendaraan bermotor di luar ruangan yang dapat membuat simulasi sesuai dengan kondisi jalan yang sebenarnya.

Total investasi yang dibutuhkan proyek proving ground sebesar Rp1,7 triliun dengan Internal Rate Return (IRR) sekitar 15%.

 Budi mengupayakan inovasi dalam hal pembiayaan infrastruktur, salah satunya dengan mengajak badan usaha sebagai mitra kerjasama untuk turut ikut mengambil bagian.

“Dengan skema KPBU atau yang familiar disebut dengan Public Private Partnership menjadi pilihan utama khususnya dalam mengeksekusi program-program percepatan pengembangan dan pembangunan fasilitas infrastruktur. Skema KPBU terbukti efektif dengan telah adanya 13 proyek yang mencapai penandatanganan perjanjian KPBU dan beberapa di antaranya telah financial close,” ujarnya.

Dia mengharapkan BPLJSKB Bekasi untuk mempersiapkan fasilitas uji tipe bertaraf internasional agar dapat mengikuti regulasi dan teknologi otomotif yang terus berkembang.

Proving Ground BPLJSKB Bekasi merupakan salah satu dari lima pilot project yang dilakukan Kementerian Perhubungan untuk menerapkan skema KPBU.”

Pada masa mendatang, dia memprediksi industri otomotif terus berkembang dengan populasi kendaraan bermotor yang terus meningkat serta kemajuan teknologi yang akan berkembang lebih pesat.

Acara market sounding itu dihadiri juga oleh Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman, Direktur Prasarana Perhubungan Darat Chandra Irawan, Kepala Subdirektorat Kerjasama Pemerintah Swasta dan Rancang Bangun Kementerian PPN/ Bappenas Dadang Jusron, serta Deputi Direktur Pengembangan Bisnis PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Tanti Hidayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendra Wibawa
Editor : Hendra Wibawa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper