Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Frisian Flag Indonesia Rampungkan Program Gerakan Nusantara

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) telah sukses menyelesaikan rangkaian kegiatan program Gerakan NUSANTARA (MiNUm Susu TiAp Hari uNTuk Anak CeRdas Aktif Indonesia) 2018.
Kampanye minum susu Frisian Flag/Istimewa
Kampanye minum susu Frisian Flag/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--PT Frisian Flag Indonesia (FFI) telah sukses menyelesaikan rangkaian kegiatan program Gerakan NUSANTARA (MiNUm Susu TiAp Hari uNTuk Anak CeRdas Aktif Indonesia) 2018.

Program pada tahun ini telah menjangkau 756.405 murid di 1,291 sekolah dasar yang tersebar di 11 Kota 9 Kabupaten pada 5 Provinsi, melebih target yang telah ditetapkan di awal pelaksanaan tahun ini sebesar 700.000 murid.

Selain memberikan program edukasi gizi komprehensif langsung kepada murid, fokus program tahun ini juga melanjutkan kegiatan Training of Trainers (ToT) yang secara signifikan meningkatkan kapasitas guru dalam pemahaman tentang gizi.

Memperluas jangkauan ke Indonesia Timur, Gerakan NUSANTARA 2018 telah melakukan kegiatan ToT kepada 434 guru dari 182 sekolah dasar di Kabupaten Timur Tengah Selatan, Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Sorong dan Kabupaten Sorong dan menjangkau 65,039 murid sekolah dasar.

“Berkaca pada kesuksesan program Gerakan NUSANTARA tahun sebelumnya, program Gerakan NUSANTARA 2018 melanjutkan kegiatan Training of Trainers sebagai salah satu metode yang terbukti efektif untuk memberikan ilmu kepada guru terkait Pedoman Gizi Seimbang yang harapannya dapat diteruskan kepada rekan guru lain dan murid,” ungkap Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGK UI) Ahmad Syafiq, melalui keterangan resmi, Senin (10/12/2018).

Kegiatan ToT pada pelaksanaan program tahun ini telah berhasil meningkatkan rata-rata nilai pengetahuan guru akan Pedoman Gizi Seimbang sebesar 23 poin, dari 60,1 poin sebelum adanya intervensi menjadi 83,1 poin setelah mengikuti kegiatan ToT.

“Hasil ini kami dapatkan setelah melakukan pre-post test yang berfungsi untuk melihat efektivitas program Gerakan NUSANTARA 2018 dari tataran peningkatan nilai pengetahuan guru,” imbuhnya.

Corporate Sustainability Development Manager Frisian Flag Indonesia Refa Hayudi Griyanda menyatakan, Program Gerakan NUSANTARA merupakan komitmen Frisian Flag Indonesia untuk membangun keluarga Indonesia yang kuat dimana pun mereka berada.

Sebagai produsen produk-produk bergizi barbasis susu, selain menyediakan gizi terbaik, pihaknya juga berusaha untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang, pentingnya membiasakan minum susu setiap hari, dan gaya hidup sehat dan aktif bagi seluruh keluarga Indonesia terutama kepada anak agar mereka dapat meraih potensi tertinggi.

Pada pelaksanaannya di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, kegiatan ToT program Gerakan NUSANTARA 2018 telah dilakukan kepada 178 guru dari 53 sekolah.

Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sorong, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong dan bekerja sama dengan PKGK UI.

Pelatihan ini kemudian menjangkau 17.324 murid sekolah dasar di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong dan diharapkan menambah pengetahuan murid terkait kebiasaan gizi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Maftuh Ihsan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper