Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR: Performa APBN Makin Solid, Ini Solusi Gejala Deindustrialisasi

Berita mengenai kinerja APBN yang menunjukkan tren positif tahun ini serta insentif fiskal yang dapat menekan gejala deindustrialisasi menjadi sorotan media massa hari ini, Jumat (7/12/2018).
APBN/Ilustrasi
APBN/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai kinerja APBN yang menunjukkan tren positif tahun ini serta insentif fiskal yang dapat menekan gejala deindustrialisasi menjadi sorotan media massa hari ini, Jumat (7/12/2018).

Berikut rincian topik utama di sejumlah media nasional:         

 Kinerja APBN Semakin Solid. Kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun ini menunjukkan tren positif. Ini ditandai dengan proyeksi penerimaan yang melampaui target dan defi sit yang lebih terkendali. (Bisnis Indonesia)

Melawan Gejala Deindustrialisasi. Gelontoran insentif fiskal yang diterbitkan pemerintah diproyeksikan bisa menghambat gejala deindustrialisasi yang terjadi beberapa waktu belakangan. (Bisnis Indonesia)

Moody’s Sorot Performa Ekspor dan Investasi. Moody’s Investors Service memperkirakan ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh dalam kisaran 4,8% pada 2019 dan 4,7% pada 2020. (Bisnis Indonesia)

Pemerintah Terus Ramu Strategi. Pemerintah menargetkan Indonesia dapat keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap) pada 2045 bertepatan dengan perayaan 100 tahun kemerdekaan RI. (Bisnis Indonesia)

Bank Bersih-Bersih Kredit Macet. Boleh jadi, inilah upaya window dressing ala bankir. Di pengujung tahun, perbankan bersolek dan mempercantik laporan kinerja keuangan dengan mengurangi kredit bermasalah. Salah satu pilihannya ialah lewat penjualan kredit macet. (Bisnis Indonesia)

Lembaga Internasional Meragukan Target Laju Ekonomi Indonesia di 2019. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2019 sebesar 5,3%. Namun, lembaga keuangan internasional meragukan pencapaian target tersebut. Bahkan banyak lembaga internasional yang menurunkan outlook perekonomian Indonesia tahun 2019. (Kontan)

Lagi, Revisi DNI bagi Investor Asing. Rencana pemerintah membuka pintu bagi investor asing untuk tanam modal di sejumlah bidang usaha masih akan berubah. Pemerintah kemungkinan mengurangi jumlah bidang usaha yang terbuka bagi investor asing. Sebelumnya, lima bidang usaha batal keluar dari daftar negatif investasi (DNI) pasca kritik dari pengusaha dan pakar ekonomi. (Kontan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper