EKSPLORASI MIGAS, Blok Maratua Diberikan ke Pertamina

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengkhususkan wilayah kerja Maratua untuk PT. Pertamina (persero) dan tidak membuka penawaran untuk peserta lelang lainnya.
Dewi Aminatuz Zuhriyah | 05 November 2018 21:31 WIB
Ilustrasi kilang lepas pantai. - Bloomberg/Tim Rue

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengkhususkan wilayah kerja Maratua untuk PT. Pertamina (persero) dan tidak membuka penawaran untuk peserta lelang lainnya.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan keputusan tersebut mengacu pada keputusan menteri ESDM.

"WK ini khusus partisipasi Pertamina dan tidak dibukan untuk perusahaan lainnya," katanya, Senin (5/11).

WK Maratua merupakan salah satu dari empat wilayah kerja yang ditawarkan oleh Kementerian ESDM pada tahap III ini.

Lokasi blok ini terletak di onshore dan offshore Kalimantan Timur dan Utara dengan kedalaman air kurang dari 500 meter.

Selain blok Maratua, tiga WK minyak dan gas konvesional lainnya yang ditawarkan oleh Kementerian ESDM pada tahap ketiga adalah wilayah kerja South Andaman dengan lokasi offshore laut Andaman, WK South Sakakemang dengan lokasi onshore Sumatera Selatan dan WK Anambas yang terletak di offshore Kepulauan Riau.

Adapun jadwal pelelangan pada tahap III ini yaitu untuk akses bid dokumen dimulai pada 5 November sampai 17 Desember 2018. Klarifikasi dimulai pada 12 November sampai 17 Desember 2018 dan bid submission pada 19 Desember 2018.

Untuk kualifikasi peserta lelang ini, Arcandra mengatakan agar investor memiliki track record yang bagus dalam bidang minyak dan gas, serta kondisi finansial dan kapabilitas yang mumpuni.

Tag : blok migas
Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top