Mari, Kenali Si Kotak Orange Bernama Black Box

Banyak versi yang muncul kenapa kotak berwarna jingga tersebut dinamakan black box, salah satunya adalah warna hitam adalah sesuatu dikonotasikan dengan sebuah misteri yang belum terungkap.
Muhammad Ridwan | 01 November 2018 20:27 WIB
Kotak hitam (black box) pesawat Lion Air bernomor registrasi PK-LQP dengan nomor penerbangan JT 610 yang ditemukan oleh tim SAR gabungan berada dalam kotak penyimpanan, di Posko Evakuasi Terpadu, Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (1/11/2018) malam. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Tiap kali ada kecelakaan pesawat, black box atau kotak hitam menjadi kunci penting untuk menguak apa yang terjadi.

Pada umumnya, black box tersebut berwarna jingga. Warna mencolok itu dimaksudkan agar sang kotak mudah terlihat dalam proses pencarian apabila terjadi kecelakaan.

Banyak versi yang muncul kenapa kotak berwarna jingga tersebut dinamakan black box, salah satunya adalah warna hitam adalah sesuatu dikonotasikan dengan sebuah misteri yang belum terungkap.

Black box memiliki catatan penting sebuah pesawat. Terdapat dua bagian dari kotak berwarna jingga tersebut, yakni flight data recorder (FDR) yang berfungsi merekam sikap pesawat mulai dari kecepatan, ketinggian, kemiringan pesawat, serta tekanan udara, hingga cuaca saat penerbangan.

Bagian kedua adalah cockpit voice recorder (CVR) yang berfungsi merekam percakapan dengan empat saluran.

Pertama, merekam percakapan pilot dengan menara pengawas atau air traffic control (ATC). Kedua, percakapan antara pilot dan copilot. Ketiga, percakapan pilot dengan awak kabin, dan terakhir, yang keempat adalah percakapan di kabin pesawat.

Kedua bagian black box tersebut sangat penting, karena saat proses investigasi sangat diperlukan data pembanding antara sikap pesawat dan percakapan.

Melihat fungsinya yang sangat penting, umumnya black box diletakkan pada ekor pesawat yang memiliki dampak tidak terlalu besar saat kecelakaan pesawat.

Kotak berwarna jingga ini dilindungi protection box yang dibuat dengan materialsangat kuat atas dampak yang ditimbulkan. Kotak jingga itu tahan benturan hingga 100 G (Gibbs), tahan api dengan suhu 800 sampai dengan 1.000 derajat Celcius selama 30 menit. Black box juga mampu bertahan di kedalaman 4.000-5.000 meter di bawah permukaan air.

Untuk memudahkan pencarian, black box juga memiliki ping locater yang memancarkan suara yang dapat dideteksi tim pencari dengan menggunakan alat.

Suara tersebut dapat dipancarkan selama 30 hari setelah kecelakaan dengan menggunakan baterai yang langsung aktif saat black box terlepas dari pesawat.

Tag : lion air jatuh, black box
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top